Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto menyerahkan Gunungan kepada Ki Seno Aji

IM.com – HUT ke 73 Kodam V Brawijaya tahun 2021 ini Korem 082/CPYJ menggelar nonton bareng pegelaran wayang kulit semalam suntuk, di Pendopo Agung Trowulan Jumat (17/12/2021).

Pagelaran mengambil lakon “Wahyu Mahkuto Romo” dengan Dalang Ki Seno Aji dari Desa. Bendo Rangkang Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang sebagai wujud kepedulian terhadap seni tradisi yang merupakan warisan budaya Bangsa Indonesia.


Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto mengatakan pagelaran wayang kulit ini merupakan hiburan massal sekaligus kegiatan Komsos kreatif memperingati HUT Ke 73 Kodam V/Brawijaya.

“Kita harus bangga karena Wayang kulit sudah diakui oleh badan dunia PBB (UNESCO) sebagai warisan budaya tak benda milik Bangsa Indonesia, saya sebagai warga Indonesia khususnya orang Jawa mempunyai kewajiban untuk melestarikan budaya ini, salah satunya dengan menggelar pertunjukan Wayang Kulit yang saat ini mulai dilupakan oleh generasi muda,” ujar Danrem.

Lebih lanjut, wayang merupakan hiburan rakyat, hiburan para petani di daerah – daerah, banyak nilai-nilai yang disampaikan melalui budaya, khususnya dalam membangun kebersamaan, persatuan dan nasionalisme,” jelasnya.

Sebelum pagelaran wayang kulit dimulai Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto menyerahkan Gunungan kepada Ki Seno Aji. (Penrem CPYJ)

475

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini