Satgas Covid-19 dari Polresta Mojokerto dan Kodim 0815 membubarkan kerumunan massa yang menonton atraksi barongsai dan liang liong perayaan Imlek di Klenteng Hok Sian Kiong, Rabu (1/2/2022).

IM.com – Perayaan Imlek 2573 di Kelenteng Hok Sian Kiong Kota Mojokerto, Selasa (1/2/2022), sedikit berbeda dari biasanya. Rangkaian ritual dan acara tahun Cina dipercepat untuk menghindari kerumunan di saat pandemi Covid-19 masih mewabah.

Petugas Satgas Covid-19 juga menghentikan pertunjukan barongsai dan liang liong. Alhasil, kerumunan warga yang menikmati atraksi tarian tradisional warga Tionghoa tersebut langsung bubar.

“Perayaan Imlek di Kota Mojokerto dilakukan pembatasan dan prokes, khususnya pembatasan warga dan masyarakat. Karena itu kegiatan ini terpaksa dihentikan. Sebab, massa cukup banyak dan berkerumun,” kata Dandim Mojokerto Letkol Beni Isman.

Awalnya, seluruh warga Tionghoa menggelar ibadah dan doa di dalam ruangan kelenteng. Seusai semua prosesi peribadatan, pertunjukan seni barongsari dan liang liong digelar hanya dalam waktu singkat sebelum petugas menghentikannya untuk membubarkan kerumunan massa yang menonton atraksi itu


Petugas sempat menghalau massa untuk tidak masuk ke dalam kelenteng. Namun, mereka terus memaksa hingga membuat petugas kewalahan.

“Jadi terpaksa acara kami minta diperpendek dan dihentikan,” tandas Beni. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here