Operasi Keselamatan Semeru 2022 kali ini sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas.

IM.com – Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2022 di halaman Mapolres Mojokerto, Jalan Gajahmada No 99 Menanggal, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Selasa (1/3-2022) pagi dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Dengan mengusung tema ‘Melalui Gelar Pasukan, Kita Tingkatkan Kesiapan dan Sinergitas Antar Stakeholder Dalam Rangka Cipta Kondisi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas) Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 di Tengah Pandemi Covid-19’. Forkopimda Kabupaten Mojokerto mengerahkan sebanyak 352 personil dari unsur TNI-POLRI dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar mengatakan, operasi kali ini sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas.

“Dari segi data sudah cukup banyak peningkatan yang sangat signifikan untuk pelanggaran berlalulintas dan juga angka kecelakaan lalulintas juga naik selama pandemi ini,” ungkapnya.


Lanjut Apip, naiknya angka kecelakaan lalulintas tersebut, menurutnya, disebabkan karena masyarakat pada masa pandemi ini, lebih mengutamakan protokol kesehatan (prokes), sehingga keselamatan berlalulintas dilupakan.

“Memang prokes ini harus nomor satu, namun demikian jangan dilupakan untuk keselamatan berlalulintas di jalan raya seperti menggunakan helm, membawa perlengkapan kendaraan bermotor dan juga membawa surat-surat,” terangnya.

Apip juga menyayangkan, jika masyarakat lalai dalam mengutamakan keselamatan berlalulintas, menurutnya, dalam berlalu lintas tidak hanya soal keselamatan diri sendiri, tetapi menyangkut keselamatan bersama.

“Ini harus tertanam sejak dini pada saat berkendara dijalan raya. Bagaimanapun juga dijalan raya bahwa kita mengendarai kendaraan harus disiplin, karena berlalulintas tidak hanya kita saja tapi menyangkut dengan keselamatan orang banyak,” pungkasnya. (uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here