Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Unang Sudargo. S.H., M.M melaksanakan kegiatan penanaman Mangrove di Dusun Mentoso, Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

IM.com – Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Unang Sudargo. S.H., M.M melaksanakan kegiatan penanaman Mangrove di Dusun Mentoso, Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.
Jumat (04/03/2022)

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Penanaman Mangrove yang dilaksanakan secara serentak dan tersebar di Jajaran Kodam V/Brawijaya. Kegiatan Penanaman Mangrove tersebut dipusatkan di Desa Lajing Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan dipimpin Pangdam V/Brw Mayjen TNI Nurchahyanto. M.Sc dan dilakukan Video Conference dengan daerah atau lokasi penanaman lainnya di wilayah Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Unang Sudargo mengatakan bahwa, untuk wilayah kerja jajaran Korem 082/CPYJ ada dua Kodim yang melaksanakan penanaman Mangrove secara serentak yaitu Kodim 0811/Tuban di Dusun Mentoso, Desa Jenu Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban dan Kodim 0812/Lamongan yang berlokasi di Desa Sedayu Lawas, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, karena kedua Kodim tersebut yang daerahnya memiliki wilayah pantai.

“Terkait dengan penanaman Mangrove, hal ini merupakan salah satu penekanan Presiden Joko Widodo pada kegiatan Rakornas Penanggulanagan Bencana Alam, Presiden mengatakan agar kita meningkatkan infrastruktur untuk mengurangi bencana khususnya untuk mengatasi ombak laut agar tidak langsung menghantam pantai. Kodam V/Brw menjawabnya dengan kembali meggalakan dan membumikan kegiatan menanami kembali pantai yang ada di wilayah Kodam V/Brw yang juga kita dukung dengan melaksanakannya di wilayah Korem 082/CPYJ. “jelasnya


‘Kebetulan wilayah Korem 082/CPYJ hanya ada dua Kodim yang memiliki wilayah pantai sehingga kita laksanakan di Kodim 0811/Tuban dan Kodim 0812/Lamongan. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan apabila pantai tersebut sudah menjadi hutan mangrove, untuk menahan ombak seperti penyampaian Presiden, juga dapat berfungsi untuk melestarikan ekosistem di laut, abrasi pantai, dan Mangrove juga menambah kadar oksigen,”jelasnya

Kolonel Unang Sudargo juga menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga apa yang sudah dilakukan pemerintah, karena Mangrove jika sudah tumbuh besar dan lebat dapat dijadikan tempat wisata bagi masyarakat.

“Disini nantinya bisa dijadikan kawasan wisata Mangrove, dengan demikian akan menambah penghasilan masyarakat sekitar,”tambah Danrem

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Persit KCK Koorcabrem 082 PD V Brawijaya Ny. Herlina Unang Sudargo, Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Suhada Erwin, Ketua DPRD Tuban H.M Miyadi S. Ag., M.M, Ketua Pengadilan Agama Tuban Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, Sekda Tuban Dr. Ir. Budi Wiyana M. Si, Kasi Intel Korem 082/CPYJ Mayor Inf Daroji, Kasdim 0811/Tuban Mayor Inf Nurhadi, Kabagren Polres Tuban Kompol Totok, Kadis Lingkungan Hidup Ir Bambang Irawam, M.M dan Perhubungan Kab. Tuban, Forkopimca Jenu, Siswa SLTP Kec. Jenu dan Komunitas Penggiat Lingkungan.
(Penrem CPYJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here