Salah satu tim peserta Lomba Kreasi Baris Berbaris tingkat SMP dan SMA/sederajat se-Jawa Timur yang digelar oleh Paskibra SMAN 2 Kota Mojokerto (PASBRAMADA).

IM.com – Siswa-siswi SMP dan SMA se-Jawa Timur dengan beragam kreatifitas tampil memukau dalam Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) Mayor 4 yang digelar oleh Paskibra SMAN 2 Kota Mojokerto (PASBRAMADA). Juara umum kategori SMP dan SMA masing-masing disabet perwakilan SMPN 1 Ngoro meraih 3.714 poin dan SMAN 3 Jombang memperoleh 5.766 poin.

Juara umum kedua kategori pada ajang LKBB Mayor 4 mendapatkan piagam dan hadiah berupa uang pembinaan. Selain itu, SMPN 1 Ngoro juga berhak membawa pulang piala bergilir Wali Kota Mojokerto berbentuk Menara Tribuana Tungga Dewi dan untuk SMAN 3 Jombang menggondol piala bergilir Kepala SPN Polda Jatim.

Dewan juri menetapakan juara pada lomba ini berdasar kekompakan dan kreativitas. Ajang ini diikuti sebanyak 47 peleton, terdiri dari 17 peleton tingkat SMP/sederajat dan 30 peleton tingkat SMA/sederajat se-Jawa Timur.

Ketua Panitia LKBB Mayor 4, Abiel Ariel Vio Firmansyah menjelaskan ada beberapa gerakan yang harus ditampilkan masing-masing peleton dalam waktu 10 menit. Yaitu gerakan di tempat, gerakan pindah tempat, gerakan berhenti ke berjalan, gerakan berjalan ke berjalan.


“Ada juga gerakan tambahan seperti bubar dan kumpul serta gerakan variasi dan formasi. Para peserta juga wajib meneriakkan kata LKBB Mayor saat melakukan gerakan variasi dan formasi,” ungkapnya.

Abiel menambahkan selain gerakan dalam baris-berbaris anggota peleton, sikap, intonasi, artikulasi, penguasaan materi dan lapangan dari Danton juga menjadi penilaian yang nantinya akan dipilih best danton.

“Kostum juga menjadi penilaian, seperti kerapian, keserasian termasuk kesopanannya seperti tidak pakaian yang tidak terlalu terbuka,” ujar siswa kelas XII MIPA ini.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto Trisilo Budi Prasetyo dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya LKBB Mayor 4. Ia juga mengucapkan selamat bagi para pemenang dan berpesan agar jangan pesimis,dan berkecil hati bagi yang tidak juara.

“Kain ditenun menggunakan benang diolah pengrajin jadi bahan pakaian, setiap pertandingan pasti ada pemenang, kalau kalah jadikan sebagai pembelajaran,” ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid juga menyampaikan apresiasinya dan berharap LKBB Mayor 4 dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi SMAN 2 maupun yang lainnya. Ia menambahkan bahwa Pemerintah Kota Mojokerto bersama Baznas dan Disporapar Kota Mojokerto telah menyediakan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswaa di Kota Mojokerto.

“Pemerintah Kota Mojokerto melalui Walikota siap memberikan apapun untuk warga Kota Mojokerto, tetaplah semangat, tetaplah menjadi generasi muda yang tangguh. Karena generasi muda di era ini tidak harus menjadi pegawai negeri,” tutup mantan Kepala DLH ini. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here