Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama pimpinan DPRD dalam rapat paripurna penyampaian Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun 2021 di Gedung Parlemen, Kamis (31/3/2022).

IM.com –  Capaian indikator kinerja Pemerintah Kota Mojokerto tahun 2021 tercatat sebesar 102,77 persen atau sudah melampaui target akhir RPJMD 2018-2023. Catatan ini disampaikan dalam Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Mojokerto Tahun Anggaran 2021 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kamis (31/3/2022).

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyatakan, berdasarkan capaian indikator kinerja pembangunan Kota Mojokerto dapat dipastikan ada kemajuan pembangunan yang dicapai pada tahun 2021. Termasuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara memadai.

Dari 9 indikator kinerja tujuan yang disampaikan Wali Kota, rata-rata capaian indikator kinerja pada tahun 2021 sebesar 109,22 persen. Rinciannya, 8 indikator telah terlampaui targetnya dan 1 indikator yaitu indeks reformasi birokrasi belum ada nilainya karena masih menunggu rilis dari Kemenpan-RB. (Baca: Paripurna DPRD Kota Mojokerto Agenda LKPJ Walikota Tahun 2021, Berikut Nota Penjelasannya)

“Selanjutnya apabila dibandingkan dengan target akhir RPJMD tahun 2023, maka capaian rata-rata indikator tujuan hingga saat ini sebesar 102,77 persen atau sudah melampaui dibandingkan dengan target akhir RPJMD Kota Mojokerto tahun 2018-2023,” jelas Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.


Adapun berdasarkan uraian capaian pada urusan wajib pelayanan dasar dan non pelayanan dasar, urusan pilihan, unsur penunjang, unsur pendukung, unsur kewilayahan, dan pemerintahan umum dapat dikatakan bahwa sebagaian besar program beserta indikator kinerja program telah tercapai.

Sementara terkait rekomendasi DPRD Kota Mojokerto, Dikatakan Ning Ita pada tahun 2021 Pemerintah Kota Mojokerto sudah menindaklanjuti 17 rekomendasi DPRD terkait penyampaian LKPJ Wali Kota Mojokerto tahun 2020 lalu.

“Rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti melalui penyusunan perencanaan pada tahun 2021 dan tahun berikutnya, kemudian kami tindak lanjuti melalui penyusunan anggaran pada tahun 2021 dan tahun berikutnya, serta kami tindak lanjuti melalui penyusunan peraturan daerah, peraturan Kepala Daerah, dan/atau kebijakan strategis Kepala Daerah,” imbuhnya.

Lebih lanjut pada kesempatan ini, Wali Kota Ning Ita juga menyampaikan puluhan prestasi yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Mojokerto selama tahun 2021 baik di tingkat regional maupun nasional. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here