Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama pihak-pihak terkait menekan layar proyektor yang menandai peluncuran layanan publik melalui call center pengaduan gawat darurat 112 yang aktif 24 jam nonstop, Selasa (29/3/2022).

IM.com – Satu lagi pelayanan publik cepat diluncurkan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Kali ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) selaku operator meluncurkan layanan pengaduan melalui pusat panggilan (Call Center) Surya Mojo Siaga 112 yang secara khusus mengakomodasi laporan masyarakat menyangkut situasi dan kondisi gawat darurat.

Peluncuran layanan Call Center Surya Mojo Siaga digelar di Pendopo Graha Maja Tama, Pemkab Mojokerto, Selasa, (29/3/2022) siang. Untuk memaksimalkan pelayanan pengaduan masyarakat ini, Diskominfo bekerjasama dengan beberapa stakeholder dari OPD maupun Kepolisian.

Pelayanan publik ini dalam rangka memudahkan masyarakat dalam melakukan pelaporan berbagai kejadian kegawatdaruratan. Semisal kebakaran, tindak kriminal, kecelakaan, kebutuhan ambulans, dan keadaan gawat darurat lainnya yang ditangani dengan cepat melalui satu nomor telepon yaitu 112.

“Jadi pelayanan ini untuk semuanya terhubung, tidak hanya bencana, tapi intinya untuk kegawatdaruratan, tentunya nanti menyesuaikan dan kita nanti juga akan evaluasi karena ini yang pertama,” Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.


Layanan Call Center 112 aktif selama 24 Jam dalam melayani semua masyarakat Kabupaten Mojokerto. Selain itu, layanan ini juga bebas pulsa alias gratis.

Kepala Sub Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Keperluan Khusus Kementerian Kominfo RI, Agung Setio Utomo mengatakan, untuk membuka nomor akses 112 di wilayah Kabupaten Mojokerto, pihaknya telah berkoordinasi dengan semua penyelenggara telekomunikasi provider seluler.

“Sudah saatnya masyarakat Kabupaten Mojokerto hanya menghafal 1 nomor yaitu 112 untuk melakukan panggilan pertolongan kedaruratan, baik untuk medis, bencana alam maupun dengan kepolisian,” ungkapnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here