Agen minyak goreng di Kota Mojokerto memastikan pasokan mulai lancar sehingga ketersediaan untuk masyarakat aman selama Ramadhan.

IM.com – Setelah beberapa hari sempat langka dengan patokan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), ketersediaan minyak goreng curah di Kota Mojokerto saat ini kembali normal, bahkan terbilang melimpah. Pedagang di eceran maupun retail bisalangsung membeli dari agen tanpa harus mengantre atau kirimannya terhambat.

Anton, pemilik Toko Sidomulyo 1 di Pasar Tanjung Anyar mengatakan, distribusi minyak goreng sudah mulai lancar sejak Jum’at (8/4/2022). Pihaknya akan langsung mengirimkan barang kepada pembeli berselang sehari atau keesokan harinya setelah pemesanan.

“Stok minyak sudah lancar, sejak tanggal 1 kemarin sudah mulai lancar.”jelasnya.

Soal harga Anton memastikan tidak melebihi HET, karena harga yang diperoleh dari distributor yaitu CV. Penamas di Jombang adalah sebesar 14.500 per kilogram. Dalam sekali pemesanan, pihaknya biasa menerima 8 drum atau sebanyak 1.440 kilogram seharga 14.500/kg.


“Sehingga saya masih bisa menjual dengan harga maksimal 15.500 per kilo nya sesuai dengan aturan yang ada,” ungkap Anton. (Baca juga: Polresta Mojokerto Pastikan Stok Minyak Goreng Curah Aman, Harga Rp 15 Ribu/Kg).

Masih kata Anton bahwa untuk mengurangi antrian pembelian minyak goreng di tokonya, para pembeli bisa menitipkan jerigen atau tor. Dari jumlah jerigen inilah saya bisa mengukur ketersediaan stok untuk para pembeli.

Ketersediaan minyak goreng curah yang berlimpah ini juga dibenarkan oleh Heru, pemilik toko sahabat di JL. HOS Cokroaminoto. Dalam sekali order dia bisa mendapatkan 25 drum minyak goreng curah.

“Dulu pas awal subsidi dibatasi hanya 6 drum, tapi untuk saat ini sudah tidak ada batasan dari distributor.”ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan tidak adanya batasan pembelian dari distributor, para agen bisa mencukupi kebutuhan pasar yang saat ini secara berangsur juga sudah mulai menurun. Beberapa hari sebelumnya, pihaknya menjual 35 drum, lalu berkurang menjadi 25 drum dalam sehari. .

“Dan siang hari ini sudah habis 15 drum Kalau hari ini distributornya datang lagi, mungkin kedepan sudah lancar terus dan stok minyak goreng curah bisa aman,” pungkasnya.

Sebelumnya untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng curah Pemerintah Kota Mojokerto memfasilitasi distribusi minyak goreng curah yang bekerjasama dengan PT. Rajawali Nusindo. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here