Tower BTS Smartfren.

IM.comSmartfren sukses meng-handle  lonjakan traffic yang terjadi sepanjang Ramadhan  hingga Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Kesuksesan itu tak lepas dari upaya Smartfren meningkatkan kualitas dan jangkauan (coverage) jaringan sejak awal tahun 2022.

Dengan persiapan yang matang dalam optimalisasi jaringan tersebut, maka seluruh aspek network siap mengantisipasi potensi lonjakan traffic selama Ramadhan hingga libu lebaran 2022. Tercatat, sepanjang Ramadan, momen mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H terjadi peningkatan traffic internet hingga 10 persen.

“Peningkatan itu terjadi pada layanan SMS juga terjadi kenaikan sebesar 8 persen. Demikian juga layanan voice terjadi kenaikan 25 persen dibanding lebaran tahun sebelumnya,” kata VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat.

Agus menjelaskan, lonjakan traffic internet tersebut dipicu oleh meningkatkan kebutuhan internet untuk mengakses streaming video maupun musik, hingga media sosial dengan kenaikan rata-rata di atas 10 persen. Ia merinci, kenaikan traffic yang signifikan pada aplikasi Tiktok  sebesar  18 persen dan WhatApps sebesar 13 persen yang paling banyak digunakan pelanggan Smartfren selama periode mudik dan Idul Fitri.


“Momen mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri kali ini menjadi berbeda karena masyarakat kembali bisa mudik ke kampung halaman. Kenaikan traffic internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari Smartfren,” jelasnya.

Diterangkan, mayoritas kenaikan terjadi di sepanjang jalur mudik, hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik terutama di daerah Jawa Barat (10 persen)  dan Jawa Tengah (18 persen) dan Jawa Timur (6 persen). Bahkan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur kenaikan mencapai diatas 60 persen.

“Pemicunya antara lain kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan, dan ketika berada di tujuan mudik,” tuturnya.

Jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat. Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam.

“Berkat rangkaian antisipasi tersebut, Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60 persen persen selama periode lebaran dan kondisi network juga tidak ada Incident Critical yang menyebabkan gangguan terhadap jaringan,” tambah Agus.

Smartfren telah menghadirkan sejumlah produk yang membuat internetan makin nyaman, yaitu melalui promo add-on Unlimited Malam Full-Speed yang bisa ditambahkan ke paket Smartfren Unlimited Harian dan Unlimited Nonstop. Pastikan sudah mengaktifkan salah satu dari paket Smartfren Unlimited tersebut, lalu gunakan aplikasi MySmartfren untuk mendapatkan Add-on Unlimited Malam Full-Speed seharga Rp5.000 untuk 7 hari, atau Rp 10.000 untuk 28 hari. Add-on  tersebut otomatis aktif pada jam 01.00 – 05.00 WIB.

Melengkapi manfaat tersebut, pelanggan Smartfren juga mendapatkan kesempatan mendapatkan hadiah langsung dengan mengikuti program Smartfren WOW Treasure Hunt yang berlangsung hingga 31 Desember 2022. Caranya mudah, cukup install aplikasi MySmartfren maka pelanggan bisa bertualang menjelajah Indonesia dan mendapatkan hadiah menarik. Setiap transaksi pulsa atau paket data mencapai nilai tertentu, pelanggan bisa mendapatkan hadiah pasti berupa kuota data up to 24 GB.

Seluruh pelanggan yang transaksinya mencapai minimal Rp 300.000 dapat mengikuti festival lucky draw untuk membuka peti dengan kesempatan mendapat berbagai hadiah. Mulai dari Honda BRV, emas 50 gram, tabungan Rp 100 juta, iPhone 13 Pro Max, dan lainnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here