Para siswa-siswi SDN MAgersari 2 Kota Mojokerto beragam layanan masyarakat, mereka juga belajar terkait teknologi informasi dan komunikasi di Gedung Mall Pelayanan Publik Gajah Mada, Jumat (10/6/2022).


IM.com – Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada milik Pemerintah Kota Mojokerto berpotensi menjadi wisata edukasi bagi siswa-siswi tingkat SD, SMP bahkan SMA. Dengan berkunjung ke Gedung MPP, para pelajar bisa memperoleh pengetahuan langsung tentang sistem birokrasi pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat sejak dini.

Tur wisata edukasi tersebut seperti yang dilakukan SDN Magersari 2 Kota Mojokerto yang mengajak siswa-siswinya ke Gedung MPP Gajah Mada, Kamis (9/6/2022). Puluhan siswa SDN Magersari 2 Para siswa diajak berkeliling area MPP terutama di lantai dua.

“Hari ini ada pembelajaran di luar kelas untuk siswa kelas satu dan dua, setelah kemarin ujian semester genap. Jadi selain untuk merefresh, ini juga menjadi media belajar dengan suasana yang berbeda,” ujar Reni Novita Sari, Kepala Sekolah UPTSP SDN Magersari 2 Kota Mojokerto.

Untuk menimba pengetahuan terkait teknologi informasi dan komunikasi, para siswa diajak ke Telecenter Palapa. Di tempat pelayanan yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) itu, mereka belajar langsung untuk mengoperasikan komputer dan sejumlah fitur di dalamnya.

Tidak hanya mengenal beragam layanan masyarakat, mereka juga belajar terkait teknologi informasi dan komunikasi serta sejarah kerajaan Majapahit dan masa kecil Presiden Soekarno. Siswa-siswi tersebut belajar melalui sejumlah dekorasi dan koleksi temporary museum yang terpasang di MPP.

Tur Gratis Terbuka untuk Umum

Para siswa dan siswi SDN Magersari 2 Kota Mojokerto diajak berkeliling dalam tur edukasi di Gedung MPP Gajah Mada untuk berkenalan dengan sistem birokrasi dan layanan masyarakat sejak dini.

Pihak sekolah menilai MPP menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk kegiatan belajar ruang kelas anak-anak. Banyak fasilitas di MPP yang bisa dieksplor untuk dikenalkan kepada anak-anak secara gratis.

Selama mengikuti tur pun anak-anak begitu antusias dan bersemangat. Selain mendengar penjelasan petugas, mereka juga berinteraksi langsung dengan sejumlah pegawai yang memberikan pelayanan di MPP.

“Ini lokasinya enak dan dekat juga. Selain itu proses administrasi juga mudah dan cepat, hanya tiga hari. Hari Senin kemarin bersurat, hari ini pelaksanaan kegiatan. Ini bisa jadi rekomendasi untuk siapa saja yang ingin melaksanakan kegiatan outing class,” tutur Reni.

Pihak Pemkot Mojokerto juga membuka akses bagi masyarakat umum untuk melakukan tur edukasi seperti siswa-siswi SDN Magersari 2. Bagi komunitas/organisasi yang ingin melaksanakan tur, cukup berkirim surat yang ditujukan kepada Diskominfo dan DPM-PTSP Kota Mojokerto di lantai tiga MPP Gajah Mada. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini