Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua DPD PD Jawa Timur Emil Elistianto Dardak dikelilingi kaum muda milenial di Kabupaten Ngawi, Jatim.

IM.com – Elektabilitas Partai Demokrat terus melambung di bawah nakhoda Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dengan tingkat keterpilihan mencapai 11,6 persen, Demokrat kini berada di posisi tiga besar menyalip langsung empat partai lain.

Posisi Partai Demokrat langsung naik empat level dibanding pemilu 2019, dari rangking 7 ke posisi 3. Partai yang dibidani Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mampu empat parpol menyalip Golkar 10,3 persen, PKB 5,4 persen, PKS 5,4 persen, dan Nasdem 4,1 persen.

Data elektabilitas ini merujuk hasil survei terbaru Litbang Kompas yang dirilis Selasa (21/6/2022). Dengan elektabilitas 11,6 persen, PD tertinggal tipis dari Partai Gerindra yang mendapat 12,5 persen dan masih terus mengejar PDI Perjuangan di posisi pertama 22,8 persen.

Sejak dinakhodai Agus Harimurti Yudhoyono, elektabilitas Partai Demokrat memang tercatat terus meroket. Peningkatan tersebut setidaknya tergambar dari hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan secara berkala.


Berdasarkan hasil riset periode sebelumnya, pada Oktober 2021, elektabilitas Demokrat masih di angka 5,4 persen. Berikutnya pada periode Januari 2022, tingkat keterpilihan mulai menembus dua digit, yaitu 10,7 persen.

Sebelum mencapai 11,6 persen pada hasil survei terbaru, Juni 2022. Peningkatan elektabilitas yang tembus 11,6 persen tak lepas dari konsistensi parpol berlambang bintang mercy itu berkoalisi dan menyuarakan aspirasi rakyat.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elistianto Dardak menegaskan, PD akan terus gigih menyapa dan menyerap aspirasi masyarakat. Ia mengatakan, harapan rakyat akan selalu menjadi dasar perjuangan Demokrat untuk menemukan solusinya melalui jalur eksekutif, legislatif maupun struktur partai.

“Dengan segala kerendahan hati, kami tentu mensyukuri capaian yang sangat menambah semangat kami. Kami senantiasa berikhtiar dan berdoa kepada yang maha kuasa,” jelas Wagub Jatim ini.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, data survei Litbang Kompas semakin memacu semangat seluruh kader partainya. Terutama untuk memperjuangkan dan menyuarakan harapan rakyat demi perubahan dan perbaikan.

“Hasil survei ini tidak akan membuat Partai Demokrat jemawa. Namun justru akan membuat para kader semakin giat mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi rakyat,” cetusnya.

Herzaky membeberkan tiga hal yang menjadi kunci keberhasilan partainya mendongkrak elektabilitas. Pertama, konsistensi Partai Demokrat berkoalisi dan menyuarakan aspirasi masyarakat.

“Partai Demokrat konsisten memperjuangan aspirasi rakyat, mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah agar selalu berpihak kepada rakyat,” ujarnya.

Menurutnya, perjuangan Demokrat bersama rakyat dilakukan secara terintegrasi dan berbasis data. Baik di ruang publik maupun secara jalur politik di parlemen dan daerah.

“Karena Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang lebih kolaboratif, terbuka, dan menggunakan pendekatan terukur berbasis data. Membuat setiap gerak langkah yang diambil Demokrat sesuai dengan harapan publik,” paparnya.

Kunci keberhasilan kedua, konsolidasi organisasi yang dilakukan oleh AHY yang telah banyak membuahkan hasil positif. Antara lain menguatnya soliditas danloyalitas seluruh kader.

“Kesatuan gerak langkah organisasi di berbagai tingkatan memudahkan Demokrat mendekatkan diri dengan rakyat. Dan melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya

Ketiga, intensitas dan konsistensi Partai Demokrat dalam membantu rakyat secara masif saat menghadapi kesulitan. Khususnya selama masa pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

“Banyak program konkrit Partai Demokrat yang langsung menyentuh dan bermanfaat bagi rakyat,” ucapnya.  (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here