Ketua DPD PAN Kabupaten Mojokerto M Santoso menyampaikan arahan pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 1 di Mojosari, Rabu (29/6/2022).

IM.com – Menindaklanjuti hasil konsolidasi Koalisi Indonesia Bersatu, internal Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Mojokerto langsung merapatkan barisan. Dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 1, mayoritas pengurus dan kader mengusulkan Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa di Pilpres 2024.

Ganjar dan Khofifah mendapat suara terbanyak mengungguli sejumlah nama lain. Seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Yenni Wahid, Erick Thohir, Budi Gunawan, KH Asep Saefuddin Chalim hingga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

“Kami sudah menggodok dan menyerap aspirasi juga melakukan voting dari seluruh pengurus harian, DPC, dan kader. Hasilnya Ganjar di urutan pertama, disusul Khofifah,” kata Ketua DPD PAN Kabupaten Mojokerto M Santoso usai Rakerda, Rabu (29/6/2022).

Santoso mengatakan, DPD akan merekomendasikan nama-nama yang sudah disepakati dalam Rakerda ini ke DPP melalui DPW PAN Jawa Timur. Selain Ganjar dan Khofifah yang memperoleh dukungan terbanyak, pihaknya juga mengusulkan nama kuat lain seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir.


“Kita juga mensosialisasikan kesepahaman Koalisi Indonesia Bersatu dari DPP. Jadi nanti capres-cawapres siapapun yang ditetapkan DPP dan diusung koalisi, pengurus dan kader daerah akan bekerja maksimal untuk memenangkannya,” tandasnya.

Rakerda 1 PAN Kabupaten Mojokerto dihadiri seluruh pengurus harian DPD, DPC dan organisasi sayap. Selain menggodok nama capres-cawapres, rapat juga mempersiapkan mesin politik menghadapi Pilpres.

“Sejauh ini kita sampai tahap menyiapkan saksi-saksi untuk perkiraan 2.3221 TPS se-Kabupaten Mojokerto, sudah terpenuhi sekitar 70 persen,” ungkap Santoso.

Sementara untuk Pemilihan Umum Calon legislatif (Pileg) 2024, Santoso menyebutkan kuota bacaleg PAN di Kabupaten Mojokerto juga sudah hampir terpenuhi. Saat ini, lanjutnya, tercatat sudah ada 35 bakal calon yang tersebar di lima dapil.

“Ada 35 caleg yang sudah terdaftar di 5 dapil. Paling banyak dapil 5 sembilan caleg, dapil 2 ada delapan orang. Keterwakilan perempuan 35 persen juga terpenuhi,” sebutnya.

Kemarin, Selasa (28/6/2022), Santoso dan beberapa petinggi PAN melaksanakan agenda konsolidasi dengan ketua umum dua partai lain dalam KIB yakni Golkar dan PPP. Rapat membahas penguatan soliditas dan sinergi antar basis partai masing-masing partai.

Baca: Konsolidasi Pilpres, Tiga Partai KIB Kabupaten Mojokerto Targetkan 30 Kursi DPRD di 2024

“Hasil konsolidasi ini akan ditindaklanjuti sampai pengurus tingkat desa (ranting),” kata Santoso, Selasa, kemarin. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here