Pelantikan dan pengambilan sumpah janji 60 tenaga fungsional guru ahli pratama yang dipimpin Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Rabu (27/7/2022).

IM.com – Sebanyak 60 tenaga fungsional guru ahli pratama Pemerintah Kabupaten Mojokerto resmi dilantik, Rabu (27/7/2022). Mereka terdiri dari 18 guru Taman Kanak-kanak (TK) dan 42 guru Sekolah Dasar Negeri (SDN).

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji dipimpin Bupati Mojokoerto Ikfina Fahmawati di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Rabu (27/7/2022). Pelantikan berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah Nomor 17  tahun 2020.

Ikfina menjelaskan, aturan tersebut mengamanatkan setiap PNS yang diangkat menjadi pejabat fungsional wajib dilantik dan diambil sumpah atau janji menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kedua, Peraturan Kelapa Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2017 tentang tata cara pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan administrator, jabatan pengawas, jabatan fungsional, dan jabatan pimpinan tinggi,” kata Ikfina dalam sambutannya.


Ikfina menjelaskan, bahwa tugas utama guru adalah mengabdi kepada masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para penerus bangsa. Demikian juga untuk profesi guru harus siap menghadapi sejumlah tantangan di era kemajuan teknologi informasi dan revolusi industri 4.0.

“Era digitalisasi serta bertumbuhnya generasi milenial dan generasi Z, dan sudah kita rasakan bahwa era digitalisasi telah berkembang secara pesat,” ucapnya.

Ikfina memaparkan, pada saat seluruh aspek kehidupan sudah berbasis digital dan online, termasuk dunia pendidikan, maka guru harus mampu beradaptasi pada era digital dengan selalu menambah literasi teknologi. Tantangan juga semakin dirasakan karena pada masa ini adalah masa bertumbuhnya generasi milenial dan generasi Z, pola-pola pengajaran disekolah yang monoton dan kurang kreatif sebaiknya mulai ditinggalkan.

“Anak-anak muda zaman sekarang yaitu generasi milenial dan generasi Z lazimnya cepat jenuh dan menyukai kegiatan yang dinamis,” ujarnya.

Selain itu, Ikfina juga mengatakan, penting bagi para guru untuk selalu menumbuhkan rasa ingin belajar terhadap hal-hal baru.

“Agar mampu mengimbangi perkembangan dunia digital dan mampu membersamai siswa yang sudah berbeda generasi,” tuturnya.

Ikfina berharap, kegiatan ini dapat semakin meningkatkan motivasi dan kinerja para guru dalam membangun pemerintahan Kabupaten Mojokerto. Khususnya dalam bidang pendidikan.

“Karna kita sadari bersama bahwa dunia pendidikan adalah tiang utama dalam pembangunan sumber daya manusia, dimana kita berharap pada masa akan datang dapat melahirkan generasi penerus yang unggul dan berkualitas,” harapnya.

Pihaknya optimis dengan kerjasama yang baik, akan mampu membawa Kabupaten Mojokerto tercinta ini kearah yang lebih baik. Di akhir sambutannya, Ikfina mengucapkan selamat kepada seluruh  guru yang baru dilantik dengan jabatan guru ahli pertama.

Ia juga berharap para guru yang baru dilantik dapat meningkatkan profesionalitas, loyalitas, dan dedikasi untuk Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

“Karena saya yakin bapak ibu disini adalah orang-orang yang hebat, super, dan luar biasa. Selamat bertugas, semoga Allah SWT senatiasa memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita dalam melaksanakan setiap amanat yang telah dipercayakan kepad kita masing-masing,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here