Tia Sutiono (34) dan Subahar (46), warga Lingkungan Balongcangkring, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon kerap mencuri grill besi pedestrian di Kota Mojokerto diamankan Satreskrim Polresta Mojokerto.

IM.com – Polisi mengungkap motif pelaku pencurian grill besi pedestrian di Jalan Pahlawan Kota Mojokerto, Subahar (46) dan Tia Sutiono (34). Tersangka beralasan tindak kejahatan itu dilakukan demi mendapatkan uang untuk membayar biaya sekolah anaknya.

Kedua pelaku adalah warga Lingkungan Balongcangkring, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Salah satu tersangka, Subahar, mengaku penghasilannya berjualan sate selama ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari.

“Buat bayar anak sekolah, dua tahun tidak bayar SPP, ngambil ijazah TK buat masuk SD Mentikan 1, dan buat beli sragam,” kata Subahar saat diinterogasi di depan awak media di Mapolresta Mojokerto, Selasa (27/7/2022).

Kapolresta Mojokerto, AKBP Wiwit Adisatria, mengatakan, Subahar merupakan pelaku spesialis pencurian grill.  Apalagi dalam pemeriksaan, pelaku sendiri  mengakui telah beraksi mencuri grill besi  sebanyak 42 kali di sejumlah pedestrian jalan protokol Kota Mojokerto.


“Pelaku ini atas nama inisial S ini sudah melakukan 42 kali. Rinciannya 38 kali dilakukan sendiran dan 4 kali bersama pelaku yang kedua bernisial TS,” ujar Wiwit.

Wiwit menyebutkan, kerugian akibat aksi pencurian itu ditaksir mencapai Rp 150 juta lebih. Kini pihaknya pengembangan terkait kejadian serupa. Sebab, masih banyak titik grill pohon maupun grill cover (penutup saluran air) di Kota Mojokerto yang dilaporkan hilang.

“42 kali ini semua ada di Jalan Pahlawan Kota Mojokerto walaupun dari laporan Kepala Dinas PUPR Kota Mojokerto lebih dari itu. Jadi kita akan mengejar apabila masih ada pelaku lain.

Sebelumya diberitakan,  kedua pelaku ini diamankan pada kamis (21/7/2022) sekira pukul 03.00 WIB di trotoar jalan Pahlawan, tepatnya di depan hotel Surya Mojopahit, Kelurahan/Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. (Baca: Ini Dua Pelaku Pencurian Grill Besi Pedestrian di Kota Mojokerto)

Saat itu tim buser Satreskrim Polres Mojokerto sedang patroli. Lalu mendapati pelaku sedang beraksi mengambil besi penutup pedesterian di sepanjang Jalan Pahlawan. (cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here