Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati ikut hadir dalam penilaian lapangan tahap II Lomba Pelaksana Gotong Royong Tingkat Provinsi Jawa Timur di Desa/Kecamatan Jatirejo, Selasa (9/8/2022) pagi. 

IM.com – Lomba Pelaksana Gotong Royong Tingkat Provinsi Jawa Timur memasuki tahap penilaian lapangan. Tim juri yang diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Timur datang langsung ke Desa Jatirejo, Kabupaten Mojokerto yang masuk nominasi empat desa terbaik se-Tatim.

Ada empat aspek yang dinilai pada penilaian lapangan yakni, bidang sosial kemasyarakatan,  ekonomi, agama dan lingkungan. Turut hadir juga Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dalam acara penilaian lapangan tahap II ini di Desa/Kecamatan Jatirejo, Selasa (9/8/2022) pagi.

Ikfina mengatakan, masuknya Desa Jatirejo dalam nominasi empat desa terbaik se-Jawa Timur, membuktikan bahwa masyarakat memiliki kepedulian yang tinggi. Selain itu, Ikfina juga menegaskan, bahwa sikap gotong royong merupakan suatu yang sangat luar biasa dan menjadi bagian dari budaya Indonesia.

“Ini suatu nilai yang harus dilestarikan dan sudah menyatu dengan diri kita,” jelasnya.


Ikfina mengaku bangga kepada seluruh masyarakat Desa Jatirejo atas segala dukungan yang telah diberikan, rasa bangga ini dirasakan Ikfina, lantaran semua masyarakat kompak mendukung penilaian verifikasi lapangan ini dengan menampilkan segala potensi yang dimiliki.

“Tidak banyak kata selain terimakasih dan bangga yang bisa disampaikan untuk bisa mengungkapkan semuanya,” ucapnya. (Baca: Desa Jatirejo Masuk 4 Besar Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Provinsi)

Terpisah, dalam kesempatan kali ini, Bupati Ikfina juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada pemenang Lomba Gotong Royong Terbaik tingkat Kabupaten Mojokerto tahun 2022 yang dikemas dalam Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVII.

Penghargaan tiga terbaik tersebut berhasil diraih masing desa diantaranya, juara 1 Desa Jatirejo, Kecamatan Jatirejo dengan menerima uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah, kemudian juara 2 diraih oleh Desa Padi, Kecamatan Gondang yang mendapat uang pembinaan 4,5 juta rupiah, dan juara 3 diperoleh Desa Balongmojo, Kecamatan Puri yang mendapatkan uang pembinaan sebesar 4 juta rupiah.

Bupati Ikfina mengatakan, 3 desa terbaik Kabupaten Mojokerto pada BBGRM ini, akan mendapatkan tambahan hadiah berupa BK desa dengan sesuai peringkatnya.

“Khusus untuk Desa Jatirejo hadiah spesialnya adalah menyelesaikan pembangunan kantor Desa Jatirejo, ditambah kemarin ingin punya Jatirejo Park. Jadi mudah-mudahan ini nanti bisa menambah guyub rukunnya warga Desa Jatirejo, menambahkan semangat, meningkatkan ekonomi, dan kesehjateraan masyarakat,” pungkasnya.

Setelah memberikan sambutan, Bupati Ikfina melanjutkan dengan melakukan prosesi Temu Tirto Ngluhurake Momongan dimana menyatukan sumber air dari lima Dusun Jatirejo, setelah itu melanjutkan mengunjungi produksi susu kambing etawa, wisata petik belimbing, kunjungan rumah bibit kelompok wanita tani ‘Tanam Makmur’, memberikan santunan kepada 77 anak yatim dari yayasan Sehati di Masjid Baiturohim, Jatirejo, dan yang terkahir mengunjungi Punden mbah Sayyid Donopuro. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here