Bupati Ikfina Fahmawati menyambut Ketua Dharma Pertiwi, Hetty Andika Perkasa dan Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin dengan penampilan seniman tari Cucuk Lampah, khas Majapahit di di Pendopo Graha Maja Tama, Kamis (1/9/2022).

IM.com – Ketua Dharma Pertiwi, Hetty Andika Perkasa dan Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin mengunjungi Kabupaten Mojokerto, Kamis (1/9/2022). Kedatangan rombongan istri Panglima TNI dan Wakil Gubernur Jatim ini dalam percepatan penurunan stunting di Bumi Majapahit.

Kedatangan Ketua Umum Dharma Pertiwi Hetty Andka Perkasa ke Bumi Majapahit bagian dari Roadshow dalam rangka percepatan penurunan stunting sebagai program pemerintah pusat untuk mewujudkan SDM unggul Indonesia. Di Kabupaten Mojokerto, angka anak yang mengalami kekerdilan mencapai  27,4 persen dan ditargerkan turun sampai 15 persen di akhir tahun 2024.

“Mudah-mudahan betul-betul kedatangan ini akan memberikan semangat untuk kita semuanya Kabupaten Mojokerto akan segera bisa bergerak untuk menurunkan angka stunting dan menuju SDM yang berkualitas untuk Indonesia maju di tahun 2045,” kata Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Ikfina mengatakan, hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden Indonesia Joko Widodo untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran pemerintah agar pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa dikejar kembali. Selain itu, menurutnya, kedatangan Hetty Andika Perkasa dan rombongan bisa menjadi pendorong semangat Pemkab Mojokerto dalam menurunkan angka stunting menjadi 15 persen di akhir tahun 2024.


Bupati Ikfina jajaran Forkopimda menyambut rombongan Ketua Dharma Pertiwi dan Ketua TP PKK Provinsi Jatim di Pendopo Graha Maja Tama, Kamis (1/9/2022). Turut hadir Pangdam V Brawijaya Nurchanyanto dan Walikota Mojokerto Ika Puspitasari.

Kedatangan rombongan disambut dengan tarian khas Majapahit, Cucuk Lampah. Penampilan kesenian ini sebagai sinyal bagi para seniman serta budayawan di Kabupaten Mojokerto untuk bangkit dan kembali beraktivitas di bidang seni dan budaya pasca pandemi.

“Memang kita sudah komit penyambutan secara tradisional dengan seni budaya yang kami miliki,” ujarnya.

Bupati Ikfina, mengatakan, bahwa Kabupaten Mojokerto yang berdasarkan bukti-bukti sejarah yang ada, diyakini sebagai pusat Kerajaan Majapahit yang merupakan cikal bakal lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami bersyukur bahwa kami dipercaya untuk menempati wilayah itu, sehingga menjadi kewajiban bagi kami bagaimana kami menjaga dan melestarikan segala anugerah yang diberikan oleh Allah Yaang Maha kuasa  kepada kerajaan Majapahit ini,” ucapnya.

Kabupaten Mojokerto mempunyai City Branding yang bernama Full of Majapahit Greatness yang memiliki arti penuh dengan kemegahan Majapahit. “Inilah yang kemudian kita lestarikan dan menjadi bagian dari kebanggaan kita sebagai anak bangsa,” jelasnya.

Setelah memberikan sambutan, Bupati Ikfina melanjutkan ramah ramah dan foto bersama dengan tamu undangan di Pendopo Graha Maja Tama. Seusainya ramah tamah, Bupati Ikfina mendampingi Hetty Andika Perkasa, melanjutkan agenda menuju Rumah Sakit DKT Mojokerto untuk melaksanakan giat pelayanan KB yakni MOP, MOW, Implan, dan IUD.

Sebagai informasi dalam pelaksanaan pelayanan KB di Rumah Sakit DKT Mojokerto ini, menyasasar sebanyak 250 Aksepstor KB yang ada di Wilayah Kabupaten Mojokerto. Tampak terlihat Bupati Ikfina yang mendapingi Hetty Andika Perkasa, menyapa langsung masyarakat yang ikut penyuluhan program KB dan melihat langsung proses penyuluhan KB yang ada di Rumah Sakit DKT Mojokerto.

Usai mengunjungi Rumah Sakit DKT, Bupati Ikfina mendampingi ibu Hetty Andika Perkasa beserta Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD V/Brawijaya, Ny. Evy Nurchahyanto bertolak ke Pendopo agung Trowulan. Saat tiba di halaman pendopo agung, rombongan para petinggi ini, masuk melalui pintu masuk gapura yang langsung menuju stan Bazar umkm kabupaten Mojokerto. Kemudian rombongan berlanjut ke tenda sosialisasi untuk menyapa dan tanya jawab terkait percepatan penurunan dan pencegahan stunting.

Usai dari tenda sosialisasi percepatan penurunan dan pencegahan stunting, rombongan bergegas beralih menuju Pendopo agung Trowulan.

Saat di pendopo agung, Ketua Umum Dharma Pertiwi, Hetty Andika Perkasa berinteraksi langsung dengan anak kecil dan ibu hamil. emberikan bantuan sosial secara simbolis berupa bingkisan untuk ibu hamil dan baduta, serta 180 paket sembako untuk Gojek yang berada di Kabupaten Mojokerto. Bantuan tersebut akan disalurkan langsung oleh Babinsa dan Babinkamtibmas.

Usai pemberian bansos, dalam kegiatan tersebut juga ada demo masak di stand gulavit dengan memasak steak kentang dan sawut bersama chef batrick (master chef season 4) dan pembagian door prize. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here