Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberikan pembinaan untuk meningkatkan kemandirian pemuda karang taruna se-Kecamatan Ngoro, Senin (12/9/2022).

IM.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar pelatihan kepemudaan ‘Budidaya Maggot’ bagi Karang Taruna (Kartar) di wilayah Kecamatan Ngoro. Kegiatan kepemudaan itu bertujuan meningkatkan kemandirian anak muda dalam melihat peluang kerja serta mengurangi persoalan timbulan sampah.

Kegiatan dilaksanakan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Mojokerto. Sedikitnya 50 Karang Taruna Desa di wilayah Kecamatan Ngoro dilatih untuk membudidaya maggot.

“Tema yang diangkat dalam kegiatan ini sangat bagus, apalagi saat ini masalah sampah di Mojokerto terutama pada TPA milik Pemkab Mojokerto sudah tidak muat, tentu ini sangat membantu dalam menjaga lingkungan,” jelas Bupati Ikfina, di gedung pertemuan lantai 3, Kantor Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Senin (12/9/2022).

Ikfina menambahkan, selain persoalan sampah, minimnya lapangan kerja juga menjadi perhatian Pemkab Mojokerto. Dalam hal ini juga didorong mayoritas masyarakat yang juga masih berpola pikir bekerja harus menjadi pegawai atau karyawan.


“Maka anak muda dituntut untuk beradaptasi dalam peluang lapangan kerja digital, karena banyak sekali peluang kerja digital untuk anak muda. Seperti contoh kasus aplikasi tumbas, yang belum berjalan dengan baik lantaran komponen masyarakat belum siap digital. Ini peluang untuk anak muda,” tegasnya.

Ikfina juga berharap, dalam membudidayakan maggot itu, karang taruna bisa bekerjasama dan mengelola sampah yang dihasilkan dari restoran dan pabrik di wilayah Kabupaten Mojokerto, karena itu menimbulkan sampah yang bisa dimanfaatkan untuk makan maggot “Saya berharap ini nanti ada tindak lanjut dan hasil dari kegiatan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Nunuk Djatmiko mengatakan, selain di Ngoro, kegiatan sejenis tersebut juga akan dilaksanakan di Kecamatan Jetis dan Kemlagi. “Salah satu kegiatan Kesra pada sub bagian kemasyarakatan ini, yakni menggelar kegiatan yang sejenis pada tanggal 15 dan 27  di Kemlagi dan Jetis,” tutupnya.

Turut hadir, Forkopimca Ngoro, Ketua Karang Taruna Kabupaten Mojokerto pak,  Ketua Karang Taruna Kecamatan Ngoro dan Ketua Karang Taruna Desa se-Kecamatan Ngoro. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here