Bupati Ikfina Fahmawati mennadi pembicara dalam Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) BKB Adenium Kelas Kedua di gedung pertemuan Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Selasa (13/9/2022).

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menekankan peran penting orang tua dan keluarga dalam mendidik anak sejak usia dini. Pola pendidikan yang benar dengan menjalankan 8 fungsi keluarga menjadi sangat penting untuk menentukan masa depan anak.

Arahan ini disampaikan Bupati Ikfina saat menjadi pembicara dalam Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) BKB Adenium Kelas Kedua. Kegiatan dilangsungkan di gedung pertemuan Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Selasa (13/9/2022).

“Proses mendidik anak ini tidak hanya mulai saat bayi sudah lahir. Tetapi, peran orang tua dalam mendidik anak ini dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Maka dari itu, pola pendidikan dalam keluarga menjadi sangat penting untuk menentukan masa depan anak,” kata Ikfina.

Salah satu langkah untuk menerapkan pendidikan sejak usia dini kepada anak, lanjut Ikfina, yakni dengan menerapkan 8 fungsi keluarga dengan benar. Delapan fungsi keluarga tersebut, yakni keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan fungsi lingkungan.


“Ini nanti diulang-ulang lagi, setiap kali melakukan sesuatu dalam menjalankan fungsi ini di keluarga. Sisihkan waktu untuk instropeksi. Fungsi mana yang belum dijalankan,” pesan Ikfina kepada peserta SOTH.

Ikfina menambahkan, selain 8 fungsi keluarga, ada pula hal yang sangat penting untuk diperhatikan, yakni menyusun perencanaan hidup berkeluarga. Sebab dengan rencana matang, maka keluarga akan semakin siap menjalani kehidupan lebih baik.

“Kita sebagai manusia ikhtiar kita hanya merencanakan dan berusaha, selebihnya adalah keputusan Tuhan,” tuturnya.

Dengan terselenggaranya Sekolah Orang Tua Hebat ini, Ikfina berharap para orang tua akan lebih siap dan bisa menjalankan fungsi keluarga dengan baik kedepannya. “Kalau kita bisa menjalankan 8 fungsi keluarga ini dengan baik, maka permasalahan yang muncul dalam keluarga akan bisa diminimalisir,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here