Upacara perayaan Hari Ibu yang dilaksanakan oleh Pemkab Mojokerto sebagai wujud pengormatan dan upaya memenuhi hak kesetaraan bagi kaum perempuan.

IM.com – Peringatan Hari Ibu menjadi momentum untuk mengingatkan pentingnya peran perempuan dalam mencapai tujuan-tujuan bangsa. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Mojokerto terus berupaya memenuhi hak dan kesetaraan gender di segala bidang bagi kaum hawa.

Agenda tersebut direfleksikan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ibu di halaman Kantornya, Kamis (22/12/2022). Ia mengingatkan pentingnya peran perempuan dalam mencapai tujuan-tujuan bangsa.

“Bangsa ini dibangun dari fondasi perjuangan para perempuan yang tak pernah lekang semangatnya untuk mencapai sebuah kehidupan yang lebih baik bagi generasi penerus,” tuturnya.

Perjuangan gerakan perempuan ini, lanjut Ikfina, membawa keyakinan baru bagi perempuan-perempuan Indonesia, bahwa pemenuhan hak dan kesetaraan akan mengantarkan mereka untuk dapat berjalan bersama-sama, serta menjemput kesempatan yang sama. Bahwa ruang untuk berkontribusi adalah milik semua.


“Keyakinan ini tentunya sangat esensial bagi kemajuan Indonesia, karena perempuan mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia. Maka kemajuan perempuan dan partisipasi perempuan dalam pembangunan akan menentukan pula kemajuan Indonesia,” ungkapnya.

Di era kekinian, peringatan hari ibu diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Terutama generasi penerus bangsa, agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan,” terangnya.

Kesetaraan bagi seluruh rakyat Indonesia, lanjut Ikfina, sudah dijamin sejak awal dalam undang-undang dasar negara republik Indonesia 1945. Hal ini juga sesuai dengan target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional, baik jangka menengah dan jangka panjang, maupun tujuan pembangunan berkelanjutan sampai dengan tahun 2030.

“Maka, dengan mempertimbangkan komitmen bangsa, kondisi, dan isu-isu prioritas hingga saat ini, Peringatan Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022 masih mengangkat tema ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’,” katanya.

Pergerakan perempuan dalam pembangunan, tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pemerintah, akademisi dan profesional, dunia usaha, media massa, maupun masyarakat.

Bupati Ikfina menambahkan, momentum peringatan hari ibu sebaiknya juga dijadikan momentum untuk bersatu mencapai Indonesia yang maju melalui prinsip ‘equal Partnership’.

“Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia berjalan beriringan dengan kaum laki-laki untuk bersama-sama berperan membangun bangsa,” imbuhnya.

Melalui momentum ini, Bupati Ikfina juga mengajak para perempuan Kabupaten Mojokerto untuk terus berkarya guna mewujudkan Indonesia maju.

“Mari terus berkarya, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas. Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here