Bupati Ikfina Fahmawati mensosialisasikan ajakan minum tablet tambah darah (TTD) kepada siswi SMK Negeri 1 Dlanggudalam agenda Jumat Ceria (24/2/2023).

IM.com – Bupati Mojokerto terus mengkampanyekan minum tablet tambah darah (TTD) kepada remaja putri. Kampanye ini dalam rangka mendukung program nasional (Prognas) dalam hal percepatan penurunan angka stunting.

Sasaran sosialisasi minum TTD kali ini menyasar siswi SMK Negeri 1 Dlanggu. Kegiatan dikemas dalam agenda Jumat Ceria (24/2/2023).

Bupati Ikfina menjelaskan, salah satu penyebab wanita bisa kekurangan darah atau anemia adalah menstruasi. Oleh karena itu, kaum perempuan tidak boleh sampai mengalami kekurangan darah (anemia).

“Karena sel darah merah ini merupakan salah satu alat transportasi dalam tubuh yang berfungsi untuk mendistribusikan sari makanan, oksigen secara merata ke dalam tubuh,” terangnya.

Selain itu, Bupati Ikfina mengimbau kepada rematri atau siswi SMKN 1 Dlanggu untuk senantiasa mengonsumsi  makanan yang mengandung zat besi, karena zat besi menjadi salah satu faktor utama dalam memproduksi sel darah merah pada tubuh. Menurutnya, kebutuhan zat besi pada tubuh ini sebesar 15 mg setiap harinya.

“Jadi makanan apa saja yang mengandung zat besi yaitu bayam, daun ketela kacang-kacangan, jeroan, tapi lebih tepatnya adalah hati. Jadi makanan yang paling tinggi kandungan zat besinya yaitu hati, bisa hati ayam, hati kambing, hati sapi, kemudian kuning telur. Karena faktanya 30 persen atau 1/3 remaja putri di Indonesia mengalami kondisi yang namanya anemia atau kekurangan darah,” imbaunya.

Selain mengkampanyekan minum TTD, Bupati Ikfina bersama Dinkes dan Forkopimca Dlanggu itu menjelaskan manfaat mengkonsumsi TTD secara rutin bagi rematri diantaranya yakni menggantikan sel darah merah perempuan yang dikeluarkan setiap bulannya atau menstruasi. Selain itu, Ikfina menyebut, rematri yang mengalami anemia atau kekurangan darah bisa menyebabkan mudah mengantuk, otak tidak bisa berpikir dengan cepat, dan tidak bisa konsentrasi.

Usai melaksanakan Jum’at Ceria di SMKN 1 Dlanggu, Bupati Ikfina melanjutkan kegiatan dengan bertolak ke halaman parkir timur Sunrise, Kota Mojokerto untuk bersama-sama melakukan senam kesegaran jasmani dengan Forkopimda Se-Mojokerto Raya. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini