Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan piala juara 1 kepala pemilik murai batu yang juara di kelas murai batu Bupati dengan harga tiket pendaftaran Rp 550 ribu.

IM.com – Lomba burung berkicau Piala Bupati Mojokerto dalam rangka HUT Kabupaten Mojokerto 730 tahun dilaksanakan di gantangan Satelit BC Pacing Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto Jawa Timur Minggu, (28/05-2023).

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati  bersama Sekda Teguh Gunarko dan sejumlah kepala dinas hadir sekaligus membuka lomba burung berkicau kali pertama di era kepemimpinannya.

Sebelum seremonia membuka lomba burung berkicau dimulai, Bupati Ikfina menyempatkan berinteraksi dengan kicaumania. Penuh akrab Bupati Ikfina berkomunikasi dan mendapat penjelasan kicaumania seputar jenis burung dilombakan, harga jual burung hingga pakan serta perawatannya.

Bupati Mojokerto Ikfina melihat dari dekat sekaligus penjelasan kicaumania mempersiapkan burung jagoannya sebelum digantangkan ke arena lomba
Bupati Mojokerto Ikfina melihat dari dekat sekaligus penjelasan kicaumania mempersiapkan burung jagoannya sebelum digantangkan ke arena lomba

Dalam lomba burung berkicau Piala Bupati Mojokerto ada tujuh kategori kelas yang dilombakan dengan harga tiket mulai Rp 55 ribu hingga Rp 550 ribu. “Catatan panitia sebanyak 500 tiket sudah terjual,” kata Ardi Sepdianto Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto dalam laporannya kepada Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di acara pembukaan.

Gelaran lomba burung berkicau Piala Bupati Mojokerto, lanjut Ardi, selain ajang merajut persahabatan antar kicaumania juga sebagai upaya melestarikan sumber daya alam burung. “Juga menggerakkan perekonomian UMKM seperti pembuatan sangkar burung,’ terangnya.

Ardi berharap lomba burung berkicau Piala Bupati Mojokerto bisa menjadi agenda rutin pada rangkaian HUT Kabupaten Mojokerto. “ Setelah 11 tahun tidak ada gelaran lomba burung berkicau Piala Bupati Mojokerto, baru sekarang diadakan lagi tahun ini. Semoga bisa menjadi agenda tahunan di HUT Kabupaten Mojokerto,” harapnya.

Bupati Mojokerto Ikfina menyambut gembira gelaran lomba burung berkicau. Menurutnya, lomba burung sangat luar biasa untuk pergerakan ekomomi.

Banyak potensi ekonomi sektor informal yang bisa digerakkan di dunia hobi burung berkicau. “ Ketika kicaumania berkembang akan berimbas ekonomi peluang usaha. Misal ternak ulat sebagai pakan burung, produksi sangkar, kaos sebagai kostum panitia dan kicaumania hingga warung yang ada di sekitar area gantangan,” ujar Bupati Ikfina dalam sambutannya.

Lomba burung berkicau Piala Bupati Mojokerto 2023, kata Bupati Ikfina memberi ide kepada Pemkab Mojokerto untuk memfasilitasi pergerakan ekonomi melalui sektor dunia hobi.

Maka Bupati Ikfina setuju lomba burung berkicau masuk dalam agenda rutim  HUT Kabupaten Mojokerto Termasuk memfasilitasi penyedian arena gantangan yang nyaman dan rindang di ruang terbuka hijau. (uyo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini