Mendikbud Ristek RI, Nadiem Anwar Makarim menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/5/2023).

IM.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menerima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Kemendikbud Ristek RI pada malam Puncak Peringatan Hardiknas 2023. Pemkab dinilai berhasil meningkatkan literasi numerasi dan mutu pembelajaran satuan pendidikan melalui transformasi digital.

Pemkab Mojokerto meningkatkan literasi numerasi satuan pendidikan dengan menggunakan Platform Merdeka Mengajar serta mutu pembelajaran dan pengelolaan satuan pendidikan melalui akun belajar.id. Penghargaan diserahkan oleh Mendikbud Ristek RI, Nadiem Anwar Makarim menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/5/2023).

Pesatnya Transformasi Digital Bidang Pendidikan Kabupaten Mojokerto mengantarkan sebagai penerima Anugerah Merdeka Belajar 2023 dari Kemendikbud Ristek RI untuk Pemerintah Daerah Non 3T sub kategori transformasi digital.

“Anugerah Merdeka Belajar merupakan  perhargaan yang diberikan oleh Kemdikbud Ristek kepada para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi dalam pembangunan pendidikan, kebudayan, riset, dan teknologi,” terang Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Suharti dalam pidatonya.

Setiap penerima anugerah dan pemenang lomba, lanjut Suharti, telah melalui proses kurasi dengan indikator yang jelas dan tegas.

“Semua penerima penghargaan dan penerima anugerah telah melalui proses kurasi dengan indikator yang jelas dan ketat,” tegasnya.

Selanjutnya, penerima anugerah sosok inspiratif untuk penerima anugerah pendidikan tinggi terbagi ke dalam beberapa kategori yaitu perguruan tinggi vokasi, perguruan tinggi akademik, KIP kuliah, beasiswa ADik, dan satgas pencegahan dan penangan kekerasan seksual.

“Adapun pemerintah daerah kami bagi ke dalam beberapa kategori, yaitu transformasi anggaran dan regulasi, transformasi pembelajaran, transformasi SDM Pendidikan, program Indonesia pintar, transformasi digital dan pencegahan tiga dosa besar pendidikan yaitu perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi, serta transformasi pendidikan vokasi,” jelas Suharti.

Sebagai informasi, jumlah dan rincian penerima penghargaan merdeka belajar pada malam Puncak Peringatan Hardiknas 2023 terbagi dalam beberapa katagori, yakni 76 penerima penghargaan kategori Pemerintah Daerah, 57 penerima Anugerah Kampus Merdeka, 33 penerima Anugerah Mitra, 19 penerima Anugerah Sosok Inspiratif, 10 penerima Anugerah Media Daring dan Cetak, 16 pemenang Lomba Foto, 10 pemenang Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini