Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat menerima kedatangan Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan dan Pelaksana 10 Program Pokok PKK terbaik di Jawa Timur, di Rumah Dinas Pringgitan, Senin (19/6/2023).

IM.com – Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto masuk nominasi tiga besar Lomba Desa dan Kelurahan, serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK se-Jawa Timur. Sebagai bentuk apresiasi sekaligus mendorong pencapaian prestasi terbaik, Pemkab Mojokerto bersiap mengucurkan bantuan keuangan untuk desa tersebut.

Rencana pemberian bantuan keuangan (BK) ini disampaikan langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat menerima kedatangan Tim Penilai penilai Lomba Desa dan Kelurahan Terbaik di Rumah Dinas Pringgitan, Senin (19/6/2023). Ia mengatakan, BK tersebut sebagai bentuk apresiasi juga reward untuk desa yang berprestasi.

“Kami siap kedepannya untuk memberi BK Desa di APBD. Harapan kami kalau panjenengan semua tim penilai dapat memberi apresiasi untuk Cinandang, ini akan menjadi semangat bagi desa-desa lain untuk menyusul berprestasi juga,” katanya, Senin (19/8/2023).

Kedatangan tim penilai lomba desa itu, akan menilai Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong yang telah berhasil masuk 3 besar. Pada kesempatan itu, Bupati Ikfina juga berharap Desa Cinandang mendapatkan nilai terbaik dalam mengikuti perlombaan Desa dan Kelurahan, serta Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK.

“Mudah-mudahan nanti untuk penilaian ini jauh lebih baik daripada penilaian pada saat pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Selain itu, pada pelaksanaannya ada beberapa kategori yang akan dinilai seperti halnya terkait indikator pelaksanaan pemerintahan desa, indikator keuangan, kewenangan desa, dan akuntabilitas desa, indikator administrasi, identitas, dan batas.

Terdapat pula, indikator kinerja, partisipasi masyarakat, kapasitas dan inisiatif, indikator ekonomi, kemiskinan, dan investasi, indikator teknologi informasi dan inovasi, indikator lembaga kemasyarakatan dan adat budaya, indikator PKK, indikator keamanan dan ketertiban, indikator pendidikan, indikator kesehatan, dan indikator tanggap bencana.

Bupati Ikfina juga mengungkapkan, usaha Desa Cinandang dalam meraih beragam prestasi yang tidak lepas dari komitmen Kepala Desa dan TP PKK,  serta terdapat pula dukungan penuh yang diberikan oleh seluruh masyarakat Desa Cinandang.

“Saya melihat semangat Bapak Kepala Desa Cinandang didampingi Ibu Ketua TP PKK Desa Cinandang memang sangat luar biasa. Beliau berdua juga sangat dicintai warganya dan punya komitmen yang mulia untuk memajukan desa,” bebernya.

Sementara itu, Kepala DPMD Provinsi Jawa Timur Budi Sarwoto saat mengenalkan tim penilai, juga sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Mojokerto yang telah berhasil membina desanya untuk meraih prestasi. seperti halnya Desa Cinandang yang akan dinilai hari ini, dan Desa Kesiman yang kemarin mendapatkan penilaian terkait BUMDesa.

“Belum satu bulan kami menilai Lomba Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur 2023 (Jumat,12/5) beberapa waktu lalu di Cinandang. Pagi ini kita akan menilai lagi dua lomba. Ini menandakan Desa Cinandang bukan kaleng-kaleng, karena mendapat pembinaan yang baik dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Minggu kemarin saya juga baru selesai menilai Desa Kesiman Kec. Trawas dalam lomba BUMDesa yang masuk 5 besar,” pungkasnya.

Diketahui, pada penerimaan tim penilai lomba juga turut dihadiri Asisten perekonomian dan pembangunan Hariono, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Shofiya Hana Al Barra, Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan, dan Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Mojokerto Yurdiansyah. (adv/im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini