Bupati Ikfina Fahmawati menunjukkan prasasti Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sidorejo Surya Park yang telah ditandatangani dalam peresmian RTH wisata desa tersebut di Desa Sidorejo, Kecamatan Jetis, Sabtu (24/6/2023) malam.

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan proyek infrastruktur ruang terbuka hijau (RTH) di Desa Sidorejo, Kecamatan Jetis. Ia berharap Sidorejo Surya Park dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat dan menjadi ikon wisata desa di Kabupaten Mojokerto.

RTH Sidorejo Surya Park seluas kurang lebih 2 hektar dibangun di atas lahan sekitar 10 Ha dengan anggaran dari bantuan keuangan (BK) Desa tahun 2022. Peresmian wisata desa ini ditandai dengan dilakukan dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Ikfina.

“Mudah-mudahan, ini menjadi tempat yang bisa memenuhi kebutuhan warga sebagai tempat hiburan rekreasi bersama keluarga dengan harga yang tidak terlalu tinggi tetapi benar-benar bisa memberikan kemanfaatan dalam hal rekreasi dan ekonomi, sehingga masyarakat bisa menikmati dan desa sejahtera,” ucap Ikfina, Sabtu (24/6/202) malam.

Bupati Ikfina mengungkapkan, terdapat empat pembangunan RTH yang berasal dari BK Desa tahun 2022 sebagai wujud realisasi janji politik Bupati Ikfina saat pada kampanye Pilbup 2028 lalu. Keempat titik itu meliputi, Desa Siderojo Kecamatan Jetis, Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar, Desa Puri Kecamatan Puri, dan Desa Belahantengah Kecamatan Mojosari.

Pada pelaksanaan pembangunan RTH  yang memiliki prinsip 70 persen areanya tidak boleh didirikan bangunan dan harus ditanami berbagai tumbuhan agar dapat memperkaya oksigen dan membantu penyerapan air ketika hujan, Bupati Ikfina juga menegaskan, harus ada wahana permainan rekreasi untuk anak dan keluarga serta terdapat pula panggung sebagai sarana untuk anak-anak berekspresi.

“Yang kedua adalah pusat UMKM, makanya kita lihat disini semuanya banyak yang melakukan kegiatan ekonomi berjualan dan memproduksi berbagai barang, makanan, serta juga ada jasa. Ini luar biasa,” bebernya.

Ikfina menilai, RTH Desa Sidorejo masih butuh penyempurnaan.  Maka ia mengajak seluruh masyarakat setempat agar saling membantu dan mendukung agar desanya bisa menjadi destinasi wisata di wilayah utara Sungai Brantas.

Dan ke depannya, diharapkan RTH Sidorejo Surya Park bisa seperti RTH di Desa Ketapanrame yang dapat dikelola dan berkembang sangat baik, hingga mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai salah satu dari 75 desa wisata terbaik Indonesia yang sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Maka dalam pengelolaan itu butuh perjuangan dan juga butuh banyak yang diupayakan, karena untuk operasionalnya dan pemeliharaan untuk menyiram tanaman-tanaman yang nanti akan tumbuh besar dan hijau rumput yang tebal itu membutuhkan perawatan. Airnya saja butuh biaya belum lagi nanti butuh untuk membayar listrik dari lampu-lampu yang menghiasi tempat ini,” ujarnya.

Selain itu, Ikfina beharap agar RTH Sidorejo Surya Park dapat menjadi pembangkit ekonomi untuk warga sekitar. Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen untuk dapat ikut urun rembuk baik pikiran, tenaga, maupun biaya untuk mengembangkan tempat ini.

“Saya berharap tempat ini akan menjadi tempat yang luar biasa,” ujarnya.

Ikfina juga menginginkan agar RTH Desa Sidorejo ini bisa menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Mojokerto. Sehingga pengunjungnya tidak hanya masyarakat lokal, tetapi juga datang dari luar daerah.

“Adanya pasar ini akan menjadi pusat ekonomi dan peningkatan kesejahteraan khususnya untuk warga Desa Sidorejo, makanya warga Sidorejo harus memanfaatkan kesempatan ini,” bebernya.

Selain itu, pada peresmian RTH di Desa Sidorejo, terdapat pula berbagai hiburan seperti bazar UMKM, berbagai macam multi produk, festival kuliner, pagelaran wayang kulit. Ada juga, karnaval budaya, live musik, waria show, senam aerobik, kontes pameran motor, hingga berbagai wahana bermain keluarga.

Sementara itu, Kepala Desa Sidorejo Kukuh Santoso mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati Ikfina yang dapat hadir dalam peresmian RTH di Desa Sidorejo.

“Kami atas nama pemerintah Desa dan atas nama warga desa Sidorejo mengucapkan terima kasih atas dibangunnya RTH yang berada di Desa Sidorejo. kami harap semua pihak yang hadir dan semua warga Kecamatan Jetis ataupun warga lainnya ikut merasa memiliki ini harapan kami, tentunya ini bukan hanya milik Desa Sidorejo saja tetapi milik Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Kukuh juga menegaskan, bahwa Pemerintah Desa Sidorejo juga siap untuk mengembangkan RTH dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Desa Sidorejo, maka Ia juga meminta bantuan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto dapat mengembangkan UMKM di Desa Sidorejo yang saat ini terdapat sedikitnya 213 UMKM yang telah memiliki nomor induk berusaha (NIB).

“Kedepan perlu ada pelatihan bagaima usaha mikro Desa Sidorejo bisa berjalan, maka kami mohon pak Iwan dapat berkontribusi baik secara pendampingan maupun material,” pungkasnya.

Diketahui pada peresmian RTH ini, Bupati Ikfina juga menyerahkan secara simbolis NIB kepada UMKM Desa Sidorejo, dan juga menyerahkan santunan kepada anak yatim yang berada di Desa Sidorejo.

Bupati Ikfina juga berkesempatan untuk berkeliling melihat UMKM yang berada di RTH tersebut, yang turut didampingi kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto Rinaldi Rizal, dan Forkopimca Jetis. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini