Seorang anak berjoget dalam ajang Lomba Kreativitas Peserta Didik PAUD memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2023 yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto di Gedung PGRI setempat, Rabu (26/7/20230.

IM.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto menggelar Lomba Kreativitas Peserta Didik PAUD memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2023. Acara ini bertujuan membentuk kualitas serta mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Lomba kreativitas peserta didik PAUD ini mengusung tema ‘Mewujudkan Indonesia Layak Anak pada Tahun 2023, dan Indonesia Menuju Generasi Emas pada Tahun 2045 Tanpa Perkawinan dan Kekerasan terhadap Anak’. Kegiatan dibuka oleh Bupati Ikfina Fahmawati di Gedung PGRI Kabupaten Mojokerto, Rabu (26/7/2023).

Dalam arahannya, Ikfina berpesan kepada seluruh orang tua maupun pendidik agar dapat menyayangi anak-anak, dengan menciptakan iklim belajar yang menyenangkan. Baik di sekolah maupun rumah.

“Perlindungan anak menjadi bagian yang tidak bisa diabaikan. Jangan sampai anak kita berada dalam bahaya, baik yang mengancam fisik maupun jiwanya,” ujar Ikfina.

Bunda Paud Kabupaten Mojokerto ini menegaskan, perlindungan anak perlu dilakukan demi mendukung tumbuh kembang anak sesuai usia. Sebab menurutnya, perkembangan anak tergantung dari perlakuan orang tuanya terhadap mereka.

“Jangan pernah membanding-bandingkan mereka dengan orang lain. Kita harus penuhi hak dia, kita beri kasih sayang dan kita lindungi,” jelasnya.

Ikfina meminta orang tua untuk mendukung program transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan. Hal itu untuk membentuk kualitas serta mendukung tumbuh kembang anak secara optimal dalam memasuki masa pendidikan dasar.

Salah satunya adalah bagaimana memperlakukan peserta didik PAUD dengan baik dan nyaman dalam aktivitas bermain maupun belajar. Hal ini agar perkembangan anak-anak bisa optimal, terutama pada aspek psikologis.

“Anak-anak kita harus selalu berbahagia dan bergembira Jangan ada paksaan harus bisa calistung Supaya tidak ada memori yang tidak baik dalam hidup mereka, apalagi dengan cara belajar memaksa, di bawah ancaman,” tandasnya.

Baca: Ning Ita: Mewujudkan Kota Layak Anak Jadi Tanggung Jawab Bersama

Kegiatan lomba kreativitas anak PAUD dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Pokja Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto, Ketua IGTKI dan Himpaudi serta Bunda PAUD se-Kab. Mojokerto. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini