Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri launching Koperasi Kepala Desa dan Koperasi Multipihak Gemah Ripah Desaku Indonesia (Garuda) di Hotel Gran Whizz Trawas, Rabu (27/9/2023).


IM.com – Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) wilayah Jawa Timur meluncurkan Koperasi Kepala Desa dan Koperasi Multipihak Gemah Ripah Desaku Indonesia (Garuda). Launching koperasi ini bagian dari gerakan kades bersama dalam mengupayakan dan mempertahankan stabilitas harga serta ketersediaan pangan di Jatim.

Peluncuran koperasi ini melibatkan 7.721 desa di hotel Grand Whiz, Trawas, Kabupaten Mojokerto, Rabu, (27/9/2023). Kegiatan ini diikuti dihadiri DPD Papdesi, DPMD Jatim dan Bappenas.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati turut menghadiri launching Koperasi Kepala Desa dan Koperasi Multipihak Gemah Ripah Desaku Indonesia (Garuda). Ia mengatakan, peluncuran koperasi desa ini bisa menguatkan korporasi petani dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan pengendalian inflasi.

“Kita menyambut baik launching koperasi ini, sehingga kemudian nanti dalam satu wadah koperasi desa itu. Nantinya penguatan koorporasi petani, ketahanan pangan dan pengendalian inflasi bisa diwujudkan dengan baik melalui kolaborasi serta sinergitas,” ungkap Ikfina dalam sambutannya.

Ikfina juga mengatakan, untuk mengatasi inflasi diperlukan berbagai upaya. Seperti operasi pasar murah, sidak pasar dan para distributor agar tidak menahan barang. Selain itu, bekerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan untuk beberapa komoditas seperti telur ayam ras, minyak goreng, beras, bawang merah, cabai rawit, daging ayam ras dan cabai merah.

“Jadi ini bisa dilakukan bersama-sama sebagai upaya penanganan inflasi di masing-masing daerah di Jatim. Maka sinergi dan peran aktif dari pemkab/pemko, forkopimda, satgas pangan beserta seluruh stakeholder sangat diperlukan,” pungkasnya. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini