Bupati Ikfina Fahmawati menunjukkan piagam komitmen terhadap program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Mojokerto yang ditandatangani oleh Dinas Kesehatan dengan lembaga pendidikan kesehatan.

IM.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di hotel Raden Wijaya, Kranggan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Selasa, (5/12/2023). Momentum ini sebagai ajang untuk menguatkan komitmen Pemkab Mojokerto terhadap program percepatan penurunan stunting.

Kegiatan HKN yang Ke-59 dengan tema ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju’ itu diselenggarakan atas kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dengan Rumah Sakit, Puskesmas, dan mitra kerja terkait. Adapun peserta undangan yakni sebanyak 300 orang yang hadir terdiri dari, RSUD, RS Swasta, Klinik, Organisasi Profesi, Sekolah Tinggi Kesehatan, Labkesda dan Puskesmas.

Dalam peringatan HKN tahun 2023 ini dilaksanakan penandatanganan komitmen terhadap program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Mojokerto oleh Dinkes Kabupaten Mojokerto dengan lembaga pendidikan kesehatan. Seperti Stikes Majapahit, Stikes Dian Husada dan Stikes Bina Sehat PPNI Mojokerto. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengawali penandatanganan komitmen bersama tersebut.

Hadir pula Direktur RSUD Prof. dr. Soekandar, Direktur RSUD RA. Basuni, Direktur RSUD Sumber Glagah, Direktur RSI Sakinah kabupaten Mojokerto, Direktur RS Sidowaras, Direktur RS Mawaddah, Direktur RS Mutiara Hati, Direktur RS Kartin. Kemudian, Direktur RS Dharma Husada, Direktur RS Arofah, Direktur RS Dian Husada, Kepala Poliklinik Bhayangkara Polres Mojokerto, Kepala Poliklinik SPN Polda Jatim, Kepala FKTP BP Poskes TNI 503.

Selanjutnya, Ketua IDI Kabupaten Mojokerto, Ketua IDAI Kabupaten Mojokerto, Ketua Pogi Kabupaten Mojokerto, Ketua Persagi Kabupaten Mojokerto, Ketua PPNI Kabupaten Mojokerto, Ketua IBI Kabupaten Mojokerto, Ketua Persakmi Kabupaten Mojokerto, Ketua Hakli Kabupaten Mojokerto. Serta, Ketua Patelki Kabupaten Mojokerto, Ketua Pafi Kabupaten Mojokerto, Ketua IAI Kabupaten Mojokerto, Ketua STIKES Majapahit, Ketua STIKES Dian Husada, rektor Universitas Bina Sehat PPNI Kepala UPTD Puskesmas, Kepala UPTD Labkesda Kabupaten Mojokerto, Kepala klinik Se-Kabupaten Mojokerto.

Bupati Ikfina mengatakan, selain memperingati HKN, hari ini juga dilakukan sosialisasi Skrining Layak Hamil, ANC, dan Stunting. Hal tersebut agar dapat membantu mendeteksi penyakit, kondisi medis, atau faktor resiko lain yang mungkin timbul selama kehamilan, sehingga dapat menjalani kehamilan dan persalinan yang sehat dan selamat serta memperoleh bayi yang sehat.

Selain itu, Bupati Ikfina juga menyampaikan, saat ini indonesia sedang mengalami periode bonus demografi, dimana peluang atau kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Menurutnya ketika jumlah penduduk usia produktif meningkat, maka jumlah potensial tenaga kerja dalam suatu perekonomian juga akan meningkat.

Sehingga diharapkan Indonesia bisa menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi indonesia emas 2045. Menurut Ikfina, masyarakat Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu.

“Hal ini berkesinambungan dengan tema hari kesehatan nasional Ke-59 tahun 2023 yang sedang kita laksanakan yaitu, ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju,” ujarnya.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini