Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menerima piagam penghargaan penilaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2023 dengan predikat Sangat Baik di Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu, (6/12/2023).

IM.com – Pemerintah Kota Mojokerto berhasil menaikkan predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) menjadi Sangat Baik (BB) di penghujung kepemimpinan Walikota Ika Puspitasari. Nilai ini melampaui pencapaian sebelumnya yakni predikat Baik (B) yang bertahan selama empat 3 tahun (2019-2022).

Pencapaian SAKIP 2023 dengan predikat BB tak lepas dari keberhasilan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyinergikan seluruh sektor di pemerintahannya. Hasil evaluasi penilaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu, (6/12/2023).

Dalam penilaian AKIP tahun 2023 ini hanya terdapat Pemerintah Daerah yang berhasil naik peringkat dari Baik (B) menjadi Sangat Baik (BB). Rangking Kota Mojokerto menjadi salah satu yang meningkat dengan kenaikan sebesar 2,86 poin dari tahun sebelumnya, yaitu dari 68,10 menjadi 70,96.

Ning Ita sapaan wali kota menyampaikan bahwa dengan meningkatnya nilai SAKIP menunjukkan bahwa Pemkot memiliki komitmen dalam merumuskan kegiatan dan yang memiliki dampak langsung kepada masyarakat.

SAKIP itu menilai seberapa kita di dalam melaksanakan kegiatan sampai sub kegiatan sudah memenuhi akuntabilitas, linearitas mulai dari perencanaan, penganggaran sampai dengan pelaporan. Kemudian bagaimana sudah tercapaikah outcome nya, setiap rupiah yang dianggarkan itu apakah sudah ada dampaknya,” tutur wali kita perempuan pertama di Kota Mojokerto ini.

Ning Ita berharap pada masa yang akan datang seluruh elemen di Kota Mojokerto semakin menguatkan komitmen dan sinergi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kota Mojokerto.

Turut hadir mendampingi Ning Ita dalam penerimaan hasil evaluasi AKIP pada hari ini antara lain Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo; Kepala Bappedalitbang, Agung Moeljono serta Kepala Bagian Organisasi, Febriananda Tejo Pratiwi. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini