Lima tahun pengabdian Ika Puspitasari sebagai Walikota Mojokerto sukses menuai prestasi yang membawa perubahan daerah menjadi lebih baik secara signifikan di berbagai sektor. Pertumbuhan yang paling mencolok adalah aspek perekonomian, pendidikan dan kesehatan masyarakat.

IM.com – Lima tahun pengabdian Ika Puspitasari sebagai Walikota Mojokerto sukses menuai prestasi yang membawa perubahan daerah menjadi lebih baik secara signifikan di berbagai sektor. Pertumbuhan yang paling mencolok adalah aspek perekonomian, pendidikan dan kesehatan masyarakat.

Perekonimian Kota Mojokerto selama lima tahun kepemimpinan Ika Puspitasari tercatat tumbuh dan melesat. Kendati sempat minus 3,63 persen akibat pandemi Covid-19 tahun 2020, sektor ini langsung meroket hingga 5 persen di tahun 2022.

Tumbuhnya perekonomian didorong program pemberdayaan masyarakat secara bertahap dan simultan yang dilakukan Pemkot Mojokerto. Antara lain Program pemberdayaan masyarakat lain yang dilakukan Pemkot yakni memberikan pelatihan prakerja berbasis kompetensi.

“Pelatihan ini membuka kesempatan bagi para lulusan baru dan pencari kerja untuk menambah skill sehingga mempermudah mereka untuk mendapatkan pekerjaan,” ujar Walikota Mojokerto Ika Puspitasari.

Program lain yang paling tepat sasaran adalah inkubasi wirausaha kepada 3.339 warga. Cara tersebut sangat efektif mendongkrak perekonomian masyarakat, melahirkan 2,579 wirausaha baru dan menurunkan tingkat pengangguran terbuka.

“Tingkat pengangguran terbuka di Kota Mojokerto tahun 2022 turun menjadi 5,65 persen dan dibarengi dengan merosotnya angka kemiskinan sampai 5,05 persen,” ujarnya. Pada bidang pendidikan, harapan lama sekolah tahun 2022 sudah mencapai 14,02 tahun. Sedangkan rata-rata lama sekolah 10,80 tahun.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini