Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu pejabat organisasi perangkat daerah yang dinilai taat dalam mengelola keuangan dan SAKIP, Rabu (13/12/2023).

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberikan penghargaan kepada perangkat daerah (OPD) yang mendapatkan hasil evaluasi ketaatan terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah dan SAKIP. Apresiasi itu bertepatan dengan acara Peringatan Hari Anti Korupsi (Hakordia) 2023 di Kabupaten Mojokerto di Pendopo Graha Maja Tama pada Rabu (13/12/2023) pagi.

Acara peringatan Hakorida 2023 yang diinisiasi Inspektorat Kabupaten Mojokerto Forkopimda, para asisten dan staf ahli Bupati Mojokerto, Kepala Perangkat Daerah, Direktur BUMD, dan Camat se-Kabupaten Mojokerto. Pada kesempatan itu, Ikfina meminta agar seluruh jajaran Pemkab Mojokerto dapat meningkatkan sinergitas dalam mencegah terjadinya korupsi.

“Pada prinsipnya saya minta kita semua yang ada di sini saling mengingatkan saling mendukung bagaimana kita meningkatkan kualitas nilai-nilai yang kita komitmenkan dan sepakati memberantas dan mencegah berbagai bentuk tindakan korupsi sekecil apapun,” kata Ikfina.

Bupati Ikfina juga mengungkapkan, bahwa melakukan tindakan korupsi tidak hanya dapat merugikan masyarakat, akan tetapi juga merugikan dirinya sendiri. “Korupsi itu sesungguhnya yang paling dirugikan adalah pelaku itu sendiri,” bebernya.

OPD Pemerintah Kabupaten Mojokerto yang menerima penghargaan pada peiringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023.

Sementara, Inspektur Kabupaten Mojokerto Poedji Widodo mengharapkan, peringatan Hakordia tahun 2023 ini peran Pemkab Mojokerto dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi secara sinergis yang melibatkan partisipasi masyarakat dapat diketahui dan dipahami masyarakat luas.  Ia menjabarkan bentuk dukungan dan perkembangan atas peran serta upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Mojokerto termasuk masyarakat sipil.

Yakni memperkuat sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah, instansi pemerintahan lainnya, sektor pendidikan, serta masyarakat dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi. Serta memperluas keterlibatan masyarakat dalarn menyebarkan dan mengimplementasikan nilai-nilai antikorupsi.

“Sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong keterlibatan masyarakat dałam melakukan pemberantasan korupsi,” pungkasnya.

Sementara perangkat daerah yang mendapat penghargaan yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto, Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mojokerto, Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) Kabupaten Mojokerto.

Selain memberikan penghargaan kepada perangkat daerah, Inspektorat Kabupaten Mojokerto juga memberikan penghargaan kepada desa yang mendapatkan hasil evaluasi ketaatan terbaik dalam pengelolaan keuangan desa. yang disabet Desa Sumberjati, Kecamatan Mojoanyar, Desa Betro, Kecamatan Kemlagi, Desa Jiyu Kecamatan Kutorejo. (adv/im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini