Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dalam kegiatan penyerahan insentif kepada guru TPQ di Pendopo Graha Maja Tama Pemkab, Kamis (21/12/2023).

IM.com – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati berharap Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2024 bisa meningkat. Dengan peningkatan itu, maka Pemkab bisa menaikkan bantuan dan insentif kepada masyarakat, salah satunya untuk guru Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ).

Ikfina mengatakan, peningkatan tersebut sangat relevan, mengingat banyak bantuan dan insentif kepada masyarakat bersumber dari PAD. Hal ini disampaikan saat penyerahan insentif kepada guru TPQ di Pendopo Graha Maja Tama Pemkab Mojokerto, Kamis (21/12/2023).

“Sumber anggaran pemerintah daerah ada dua yang besar, yakni dari transfer anggaran pusat dan yang kedua adalah hasil PAD. Kalau anggaran dari pusat sebagian digunakan untuk kebutuhan operasional pemerintah daerah, sementara yang bisa kami kembalikan untuk kesejahteraan masyarakat adalah hasil PAD,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ikfina menyatakan ada pergeseran pola penyerahan insentif. Sebelumnya, insentif tersebut diberikan kepada lembaga, maka tahun ini diserahkan langsung kepada penerima yakni guru TPQ.

“Tahun lalu kami serahkan kepada lembaga, tahun ini kami serahkan langsung kepada para penerima,” ungkapnya.

Ikfina menyebutkan, jumlah insentif kali ini, masing-masing penerima mendapatkan Rp 400 ribu. Bupati Ikfina berharap, di tahun selanjutnya bisa meningkat dan rutin bisa diberikan.

“Kami berkaca dan belajar dari Lumajang, kami berharap bisa memberikan Rp 1,2 juta selama satu tahun. Dan penyalurannya bisa rutin sebulan sekali melalui rekening nantinya. Mohon doanya, agar ini bisa terlaksana,” harapnya.

Bupati Ikfina juga berpesan kepada guru TPQ, selain mengajarkan terkait membaca Al-Qur’an, juga diharapkan bisa mendidik anak-anak tentang menjaga diri.

“Saya minta tolong, bahwa anak-anak kita saat ini sedang dalam situasi yang tidak baik-baik saja. Maka ke depan, kita akan nebeng guru-guru TPQ tidak hanya ngajari ngaji tapi juga ngajari dan memantau anak-anak untuk bisa menjaga keselamatannya sendiri,” katanya.

Hal ini, lanjut Ikfina, berkaitan dengan rawannya anak-anak menjadi korban bullying dan korban kekerasan seksual. “Kita harus ajari anak-anak untuk menjaga diri sendiri. Bagaimana nanti bisa mengajarkan anak-anak untuk melindungi dan menjaga dirinya sendiri,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Ikfina berharap insentif yang telah diberikan kepada sedikitnya 6.531 guru TPQ di Kabupaten Mojokerto tahun anggaran 2023 ini bermanfaat.

“Mudah-mudahan sedikit yang bisa kita berikan ini barokah,” pungkas Bupati Ikfina. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini