Presiden Direktur ASTRA Tol Jombang-Mojokerto, R. Soulisa memaparkan prediksi arus lalu lintas saat libur nataru di Tol Jomo dalam acar Media Gathering di Kantor Pusat ASTRA Tol Jomo, Jumat (22/12/2023).

IM.com – Arus lalu lintas pada libur natal dan tahun baru (Nataru) 2023-2024 di tol Jombang-Mojokerto (Jomo) diprediksi meningkat 4,2 persen dibanding tahun sebelumnya. Puncak trafik diperkirakan mencapai 63 ribu kendaraan.

Pengelola Tol Jomo, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto memprediksi puncak arus lalu lintas akan terjadi dua hari yakni 25 Desember 2023 dan 1 Januari 2024. Sebab, ada dua kali long weekend pada libu Nataru.

“Kami memperkirakan kenaikan traffic sebesar 4,2 persen dibandingkan Nataru tahun lalu. Puncak lalin pada 25 Desember mencapai 63 ribu kendaraan dan 1 Januari 2024 sebanyak 62 ribu kendaraan,” kata Presiden Direktur ASTRA Tol Jombang-Mojokerto, R. Soulisa dalam rilis, Jumat (22/12/2023).

Untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan saat libur nataru, ASTRA Tol Jomo telah berkoordinasi dengan instansi terkait. Antara lain, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, serta Korlantas POLRI di wilayah Jawa Timur.

“Kami juga menyiapkan beberapa layanan tambahan guna menunjang kelancaran transaksi tol, yakni 12 mobile reader yang akan digunakan ketika terjadi kepadatan di gerbang tol,” ujarnya.

Selain itu, agar pengguna jalan senantiasa nyaman, ASTRA Tol Jomo menyiapkan tambahan toilet portable pada seluruh rest area, yakni di KM 678 A, KM 678 B ‘Teras Dipa’, KM 695 A ‘Teras Melati’ dan KM 695 B. Pengguna jalan juga dapat memanfaatkan toilet yang berada pada bangunan pendukung yang terletak di masing-masing kantor gerbang tol.

Labih lanjut, Soulisa menambahkan, pengguna jalan juga dapat memeriksa kondisi kendaraan di Mobile Toyota Home Service (THS) yang berlokasi di rest area KM 695 A ‘Teras Melati’. Di situ juga tersedia Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik ultra fast charging (SPKLU) self-service gratis yang telah beroperasi di tahun ini

“ASTRA Tol Jombang-Mojokerto terus berupaya agar pengguna jalan dapat berkendara dengan aman. Salah satunya menyediakan layanan tambal ban, cek dan tambah tekanan ban di outlet Nitrogen rest area KM 695 B dan rest area KM 678 A,” sebut Soulisa.

Fasilitas lainnya yang tersedia yakni cek dan tambah tekanan ban self-service gratis di rest area KM 695 A ‘Teras Melati’ dan rest area KM 678 B ‘Teras Dipa’. Selain itu, terdapat Pertashop di rest area KM 695 A ‘Teras Melati’ dan rest area KM 678 B ‘Teras Dipa’.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan dan fasilitas terbaik agar pengguna jalan dapat menikmati perjalanan dengan lancar, aman dan nyaman,” tuturnya.

Adapun layanan lalu lintas jalan tol yang disiagakan selama 24 jam terdiri dari 3 mobil patroli, 1 mobil rescue, 2 ambulance dengan kapasitas yang lebih besar, serta 4 mobil derek juga satuan PJR dari kepolisian. Petugas layanan jalan tol seperti petugas keamanan dan kebersihan juga ditambah agar operasional jalan tol dapat berjalan dengan baik.

Pengguna jalan dapat berkendara dengan tenang dan aman karena tol Jombang-Mojokerto dilengkapi dengan 124 CCTV, baik di jalur tol, rest area maupun gerbang tol. Soulisa mengatakan, segala pekerjaan perbaikan jalan tol juga dipastikan tidak ada mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Unit perambuan dan penerangan jalan dipastikan dalam kondisi baik dan berfungsi untuk menunjang keamanan pengguna jalan,” tandasnya.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini