Gerbang Tol Jombang-Mojokerto.

IM.com – ASTRA Tol Jombang-Mojokerto (ASTRA Tol Jomo) meningkatkan pelayanan di momen libur Natal dan Tahun Baru. Pengguna ruas tol ini juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon hotel sampai to 60 persen mulai 22 Desember 2020 sampai 31 Januari 2021.

Pemberian voucher diskon hotel tersebut merupakan Program Terima Kasih Pelanggan ASTRA Tol Jomo. Untuk mendapatkannya, pengguna tol sepanjang 40,5 kilometer itu cukup mem-follow instagram @astratoljomo dan mengirimkan foto selfie di salah satu rest area atau di kantor gerbang tol Jombang-Mojokerto.

Voucher diskon dapat digunakan di sejumlah hotel wilayah Mojokerto dan Jombang. Antara lain Hotel Yusro Jombang, Hotel Lynn Mojokerto, Hotel Ayola Mojokerto dan Best Western Papillio Surabaya hingga 31 Maret 2021.

“Meski di tengah pandemi, ASTRA Tol Jomo memberi pelayanan terbaik dan apresiasi untuk pengguna jalan. Seluruh fasilitas yang ada kami operasikan sesuai protokol kesehatan,” kata Ketua Renpam Natal dan Tahun Baru ASTRA Tol Jomo, Arif Budiman.


Musim liburan Natal dan Tahun Baru 2021 ini agak berbeda dengan sebelulmnya akibat pandemi COVID-19. Arif menyebutkan puncak arus libur Natal diprediksi jatuh pada tanggal 27 Desember 2020, sedangkan Tahun Baru pada 31 Desember 2020.

“Karena pandemi COVID-19 pengguna jalan tol pada libur Nataru tahun ini mengalami penurunan lalu lintas sebesar 35 persen dibandingkan 2019,” ujar Arif.

Untuk itu, Arif mengatakan, pihaknya meningkatkan fasilitas dan pengamanan Tol Jomo sehingga pengguna jalan bisa melakukan perjalanan libu Nataru dengan Aman dan Asik ((Ayo Mengikuti Aturan dan Ayo Selalu Ikuti Protokol Kesehatan).

“Masyarakat diimbau untuk memperhatikan kesiapan diri dan kendaraan yang akan digunakan, serta kecukupan saldo uang elektronik sebelum berkendara. Tidak lupa juga senantiasa mengikuti arahan dan petunjuk yang diberikan petugas sesuai dengan kondisi di lapangan, serta mematuhi protokol 3M; menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan secara rutinm” jelasnya.

Arif menerangkan, Nataru Aman dan Asik merupakan kampanye grup ASTRA Infra untuk pengguna jalan tol ASTRA Infra di momen Natal dan Tahun Baru, termasuk di ruas Jombang-Mojokerto. Menurutnya, kampanye Nataru Aman (Ayo Mengikuti Aturan) ASTRA Tol Jomo mengedepankan keselamatan berlalu-lintas.

“Sejak tahun 2017, road safety campaign rutin dilaksanakan setidaknya dua kali per tahun. Ini sebagai langkah pencegahan dan menekan angka kecelakaan akibat human error, seperti kelelahan dan kelalaian pengendara,” tuturnya.

Grup ASTRA Infra juga melakukan kampanye ini dalam rangka Bulan Keselamatan Berkendara dengan skema 3E yakni Engineering, Education dan Enforcement. Dari sisi engineering dalam rangka menyambut libur Nataru, ASTRA Tol Jomo mengoptimalkan infrastruktur yang menunjang keselamatan pengguna jalan seperti wire rope, anti-glare, rumble strip serta perambuan.

“Layanan jalan tol seperti 3 unit patroli lalu lintas, 1 unit rescue, 2 unit ambulance, 4 mobil derek telah siap siaga 24 jam,” ungkapnya.

Nataru Asik (Ayo Selalu Ikuti Protokol Kesehatan) ASTRA Tol Jomo juga melayani pengguna jalan dengan penerapan protokol pencegahan dan penanganan COVID-19 yang ketat. Salah satunya pada layanan transaksi yang mengoptimalkan 15 gardu transaksi dan 5 mobile reader demi menghindari kontak fisik langsung.

“Fasilitas mitigasi COVID-19 seperti ruang observasi sementara, posko kesehatan dan tempat cuci tangan di seluruh rest area telah tersedia. ASTRA Tol Jomo juga menerapkan pembatasan kapasitas pengunjung rest area sebanyak 50 persen,” terangnya.

Adapun imbauan penerapan 3M pada pengguna jalan telah dilakukan melalui Variable Message Sign (VMS) yang berada di 3 titik. Selain itu, fasilitas tambahan rest area diantaranya adalah SPBU Modular yang berada di rest area Teras Melati KM 695 A dan isi ulang nitrogen yang berada di rest area KM 678 A dan KM 695 B. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here