Peserta didik saat membuat karya batik Shibori dihalaman sekolah. Jumat (2/2/2024)./Karimatul Maslahah/

IM.com – Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kayangan, Kabupaten Jombang Jawa Timur diajak untuk belajar membatik Shibori mulai dari menggambar pewarnaan, finishing hingga jadi. Kegiatan ini sebagai perwujudan P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan mengangkat kearifan lokal.

Kepala SDN 1 Kayangan, Kiki Ratnaning Arimbi, M.Pd, mengatakan, kearifan lokal yang diusung sebagai tema P5 tersebut, dimaksudkan agar peserta didik mengenal lebih dekat dengan karakteristik negara Indonesia yang kaya akan karya batik.

“Tujuannya untuk pembelajaran P5 agar anak mengenal warna, macam-macam batik yang bisa digunakan untuk enterpreneur day,” ujarnya. Jumat (2/2/2024).

Memang, arus perubahan dunia pendidikan saat ini, sedianya harus disikapi dengan bijak oleh satuan pendidikan, dengan melakukan berbagai aksi nyata yang mampu menghasilkan karya terbarukan. Melalui karya inilah, sekolah dapat menjadikannya sebagai entitas anyar sekaligus meningkatkan daya eksistensinya di tengah masyarakat.

Tujuannya untuk pembelajaran P5 agar anak mengenal warna, macam-macam batik yang bisa digunakan untuk enterpreneur day

Shibori merupakan salah satu batik yang digemari di dalam negeri. Teknik pewarnaan batik ini berasal dari Jepang. Shibori berasal dari kata kerja ‘shiboru’ yakni merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan. Motif yang dihasilkan seringkali tak jauh berbeda dengan batik, meskipun dari segi pengerjaan lebih mudah dan sederhana.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini