Kapolres Mojokerto, AKBP. Irham Kustarto (kanan) saat mengikuti donor darah. IM.com/tyan/
Kapolres Mojokerto, AKBP. Irham Kustarto (kanan) saat mengikuti donor darah. IM.com/tyan/

IM.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, dan respon gerak cepat Kapolres AKBP Ihram Kustarto terhadap menipisnya stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI). Polres Mojokerto, menggelar aksi bakti sosial donor darah.

Aksi bakti sosial donor darah itu diikuti ratusan personel Polres Mojokerto di Gedung Serbaguna Sarja Arya Racana, pada Jumat (19/5/2024).

Kapolres Mojokerto, AKBP Ihram Kustarto mengatakan kegiatan donor darah tersebut senagai langkah cepat untuk mengatasi menipisnya stok darah di PMI Mojokerto. Karena banyak permintaan pasien cuci darah, DBD dan HB menurun.

“Karena menipisnya stok darah di PMI Mojokerto, saya menargetkan bisa mencapai minimal 100 kantong darah dari anggota yang melaksanakan donor darah. Bhakti Kesehatan Donor Darah ini selanjutnya akan dijadikan agenda rutin tiga bulan sekali di lingkungan Polres Mojokerto,” ungkap Kapolres Mojokerto.

Ditambahkan Irham, donor darah hari ini untuk memenuhi kebutuhan PMI yang mendesak, tapi kedepannya setiap tiga bulan sekali kami adakan donor darah seperti yang kita lakukan hari ini.

“Seluruh personel yang mendonorkan darahnya harus terlebih dahulu mengikuti screening kesehatan sesuai SOP yang berlaku,” pungkas Irham.

Diketahui, stok darah PMI Kabupaten Mojokerto semakin menipis sejak Rabu (17/4/2024) karena permintaan dari rumah sakit negeri maupun swasta meningkat setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Saat ini stok darah yang ada di PMI Mojokerto masing masing golongan darahnya hanya ada 27 kantong untuk golongan A, 26 kantong untuk golongan B, 16 kantong untuk golongan AB dan 20 kantong untuk golongan darah O. (tyan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini