Bupati Ikfina Fahmawati bersama General Manager KBM Ekowisata Jatim, Berthus Sudarmeidi usai penandatanganan nota kesepakatan untuk pemanfaatan hutan di wilayah Kabupaten Mojokerto, Kamis (7/4/2022).

IM.com – Keberadaan sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) yang dibangun Pemerintah Kabupaten Mojokerto, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, keberadaan ruang terbuka hijau menjadi objek wisata baru murah meriah bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto.


Karena disetiap ruang terbuka hijau yang telah diresmikan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dilengkapi dengan berbagai fasilitas tempat bermain untuk anak-anak serta olahraga.

Dalam kurun waktu tiga tahun masa kepemimpinan Bupati Ikfina, mampu menyelesaikan sembilan ruang terbuka hijau sebagai tempat bermain dan rekreasi di sembilan kecamatan.

Yakni, RTH Sooko di Jalan RA Basuni, Desa/Kecamatan Sooko; RTH Sidorejo Surya Park di Desa Sidorejo, Kecamatan Jetis; RTH Mojo Kendi Patirtan (MKP) di Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar; RTH Wisata Gelang Puri di Desa/Kecamatan Puri; dan RTH Kentongan Park di Desa Belahantengah, Kecamatan Mojosari.

Kemudian, RTH Taman Sekumpul Mojo di Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi dan RTH di Desa Gedeg/Kecamatan Gedeg.

Bupati Ikfina, mengatakan dengan adanya RTH di setiap kecamatan itu nantinya bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Pembangunan RTH ini tidak sekedar asal bangun saja. Dengan mengusung konsep Majapahitan, RTH juga dilengkapi dengan fasilitas bermain anak maupun area berolahraga,” tuturnya.

Dijelaskannya, Pemkab Mojokerto berkomitmen untuk memperluas RTH di bumi Majapahit, sebagai sarana wisata keluarga maupun mengurangi efek rumah kaca.

“Target pemkab Mojokerto kedepannya, minimal ada satu RTH di setiap kecamatan. Tahun ini dua RTH akan dibangun di desaI Jatirejo dan desa Sedati, Ngoro,” tegas Ikfina yang akan mencalonkan kembali sebagai bupati Mojokerto periode 2024-2029.

RTH di Mojokerto Dilengkapi Wifi Gratis

Dikatakan Bupati Ikfina, RTH yang dibangun Pemkab Mojokerto juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis. Sehingga nantinya pengunjung bisa meningkatkan dan secara otomatis perekonomian disekitar RTH bergerak naik.

Layanan wifi gratis ini sekaligus sebagai langkah pemkab mewujudkan smart environment atau lingkungan cerdas di Kabupaten Mojokerto. Pemda berharap akan memiliki banyak destinasi wisata baru.

Secara bertahap, tahun ini difokuskan untuk lima RTH. Meliputi, RTH Sooko; RTH Sidorejo, RTH Mojo Kendi Patirtan (MKP), RTH Wisata Gelang Puri dan RTH Kentongan Park.

“RTH-RTH ini juga nantinya bisa menjadi pusat pemasaran produk-produk unggulan IKM atau UMKM kita. Sehingga dampaknya dalam jangka panjang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ tutur Ikfina.

Perluasan RTH dianggap Ikfina menjadi kebutuhan masyarakat untuk pemenuhan ruang bermain anak sekaligus wujud komitmen pemkab dalam merealisasi pembangunan dimulai dari desa.

Selain RTH, pemkab Mojokerto juga tengah fokus melakukan pengembangan wisata di sejumlah desa yang sudah ada melalui kucuran BK desa. Juga melakukan pemetaan potensi desa yang tersebar di 18 kecamatan. (uyo)

200

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini