Pekerja melakukan pengecatan trofi di Kelurahan Kaliwungu, Jombang. IM.com/Karimatul Maslahah/
Pekerja melakukan pengecatan trofi di Kelurahan Kaliwungu, Jombang. IM.com/Karimatul Maslahah/

IM.com – Bulan Agustus menjadi berkah bagi perajin piala dan trofi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Permintaan trofi maupun piala untuk perlombaan peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI, mengalami peningkatan signifikan.


Seperti pusat pembuatan piala trofi di Kelurahan Kaliwungu, Kabupaten Jombang, mengalami peningkatan produksi hingga mencapai dua kali lipat dari bulan-bulan biasanya yang hanya terjual 2000 buah.

Kerajinan piala yang dirintis Wahyu Candra sejak tahun 1998 bertepatan dengan krisis moneter tersebut, kini sudah merambah berbagai daerah.

“Usaha ini bergerak di bidang piala atau pembuatan piala. Kalau pesanan menjelang agustusan ini kita meningkat dua kali lipat dari pemesanan hari-hari biasanya,” ujar Wahyu Candra. Rabu (14/8/2024).

Piala milik Wahyu, sapaan akrabnya, terbuat dari bahan dasar beragam, menyesuaikan dengan permintaan pelanggan. Mulai dari fiber glass, akrilik hingga logam.

Berbagai jenis piala tema kemerdekaan yang banyak dipesan saat ini, mulai dari corak besar dan tinggi hingga piala lomba dari tingkat Desa hingga tingkat kabupaten, kota.

“Kalau untuk jenis pialanya biasanya yang fiber glass di harga Rp 40 ribu itu yang paling laku karena murah dan banyak peminatnya,” kata dia.

Wahyu membandrol piala mulai dari harga Rp 10 ribu hingga Rp 1 juta, hal itu tergantung dari bahan dasar dan ukuran piala.

“Kalau harga piala paling rendah Rp10 ribu rupiah hingga Rp1 juta lebih paling tinggi. Omzet bulan Agustus saat ini bisa Rp3 juta hingga Rp5 juta setiap harinya,” pungkasnya. (ima/rf)

11

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini