Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 sejumlah 845.655 jiwa

IM.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 sejumlah 845.655 jiwa. Jumlah tersebut berkurang dibanding daftar pemilih sementara (DPS) yang sebelumnya sebanyak 847.618 orang.

Penetapan DPT Pilkada serentak 2024 dilakukan dalam rapat pleno terbuka di Hotel Aston, Puri, Kabupaten Mojokerto. Jumat (20/9/2024). Jumlah pemilih sebanyak 845.655 jiwa untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Mojokerto Tahun 2024.


“Total jumlah DPT di Kabupaten Mojokerto mencapai 845.655 pemilih dengan jumlah TPS 1.618 dari jumlah keseluruhan Desa 304 Desa, dan dari 18 Kecamatan,” kata Febrianto.

Berdasarkan data yang dipaparkan di rapat pleno terbuka, terang Febrianto, untuk DPT pemilih laki-laki berjumlah 421.973 orang. Sementara jumlah pemilih perempuan sebanyak 423.628 orang.

“Dan yang membuat DPT berkurang (dari DPS) itu karena hari ini kita tidak ada Loksus, dan kemarin (Pemilu 2024) kita ada Loksus. Jadi disitu memang berkurang cukup siginifakn juga di Loksusnya,” ucap Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto Achmad Febrianto.

Febrianto menambahkan, berkurangnya DPT saat ini juga dari masyarakat yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Selain itu juga ada data ganda yang dari provinsi lain dan dari Kabupaten lain, KPU Kabupaten Mojokerto kalah dalam klaim.

“Jadi maksudnya itu untuk bukti dukung dari masyarakat itu di klaim dari Kabupaten lain dikarenakan mereka bisa menemui orangnya di situ dan kemudian mereka mendapatkan datanya disitu,” terang komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi ini.

KPU Kota Mojokerto penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 105.313 orang untuk Pilkada 2024

Pada hari yang sama, Jumat (20/9/2024), KPU Kota Mojokerto juga mengadakan rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi dan penetapan DPT dalam rangka Pilgub Jatim dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mojokerto (Pilwali) Tahun 2024. Agenda juga dilaksanakan di Ayola, Sunrise Hotel, Kota Mojokerto.

Komisioner KPU Kota Mojokerto M. Oggy Yulian mengatakan, hasil yang telah di penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat ini 105.313 orang. Jumlah ini berdasar pemuktahiran DPSHP tingkat Kecamatan di Kota Mojokerto.

“Jadi untuk penetapan hari ini dibandingkan dengan DPS itu angkanya menurun. Dikarenakan ada data ganda yang kita terima dari kota lain, kita kalah untuk mempertahankan data-data tersebut, sehingga pindah keluarnya lebih banyak,” ucap Oggy

Oggy menjelaskan, data untuk rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Mojokerto, jumlah pemilih Laki-Laki tercatat sebanyak 52.072, Sedangkan jumlah pemilih perempuan sebanyak 53.241.

“Jadi total keseluruan DPT Kota Mojokerto di Pilkada 2024 ini yang sudah kita sampaikan tadi yaitu, 105.313 keseluruhan dari 3 Kecamaran di Kota Mojokerto dan 18 Kelurahan dari 192 TPS di Kota Mojokerto,” tambah Oggy.

Namun KPU tidak menutup kemungkinan jumlah DPT berubah. Oggy menjelaskan, jika ada perubahan data, maka pihaknya akan menetapkan Daftar Pemilih Tambahan Baru atau DPTB.

“Daftar pemilih tambahan itu yang memang dia pindah masuk paska DPT. Setelah itu DPTB di tutup ada lagi yang terakhir yaitu fitur Daftar Pemilih Kusus (DPK),” demikian Oggy. (rix/imo)

 

 

23

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini