Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas. menjadi pusat Gerakan Nasional Desa Industri melalui role model program desa binaan Dharma Bhakti Nagari.

IM.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, menjadi role model program desa binaan Dharma Bhakti Nagari dalam Gerakan Nasional Desa Industri. Pencanangan ini karena desa wisata terbaik se-Indonesia itu mampu menjadi model dalam pengembangan manajemen desa paling top di tanah air.

Program desa model binaan Dharma Bhakti Nagari adalah gerakan nasional yang merupakan program sinergitas Pemerintah Provinsi Jawa Timur berbasis potensi desa. Gerakan ini mendapat dukungan dalam bentuk pendampingan dari Universitas Surabaya


“Nomor 1 adalah Ketapanrame. Saya sudah beberapa kali menonton videonya. Tapi baru kali ini berkesempatan menengok,” ucap Khofifah, di pendapa wisata sawah Sumber Gempong, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Rabu, (18/10/2023) sore.

Potensi Desa Ketapanrame ini diharapkan mampu untuk mengentas kemiskinan dengan memberdayakan masyarakat sekitar desa.

“Ini (desa Ketapanrame) referensi bagaimana sebuah desa bisa membangun pemberdayaan yang luar biasa dan mensejahterakan masyarakatnya. Dan atas nama kita semua, ini akan menjadi role model gerakan bersama, desa industri wisata Ketapanrame,” ungkapnya

Khofifah juga meminta Kepala Desa Ketapanrame untuk menularkan ilmunya kepada desa lain yang ingin belajar terkait pengembangan manajerial desanya.

“Karena desa lain juga ingin di asah oleh tangan-tangan yang memiliki skill manajerial yang bagus,” pungkasnya.

Setelah melaksanakan peresmian, Gubernur Khofifah didampingi Bupati Ikfina berfoto bersama dan menikmati wahana wisata dengan naik kereta sawah. (im)

105

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini