IM.com – Setelah Jakarta dan Yogyakarta, Surabaya menjadi kota penghujung konser tur kelompok jazzmen “Sammy Thiebault Quartet”. Pada kesempatan ini grup jazz asal Prancis tersebut juga berbagi panggung dengan grup jazz asal Surabaya, Korek Jazz, yang dikolaborasikan bersama bassis asal Jakarta, Indro Hardjodikoro sebagai pembuka konser.

Event yang diprakarsai oleh Institut Francais Indonesia (IFI) Surabaya bekerjasama Ciputra Hall ini digelar Rabu (30 November 2016) di kawasan hunian elit Citraland, Surabaya. Para pecinta musik disuguhi secara gratis penampilan musisi-musisi berkelas dan berkualitas.

“Masyarakat Surabaya banyak sekali yang menyukai musik jazz. Saya senang sekali melihat antusisme mereka untuk menyaksikan konser ini. Musisi jazz dari Prancis Sammy Quartet yang memiliki pendengar di berbagai negara. Mereka tampil dengan opening dari Korek Jazz asal Surabaya yang sudah eksis sejak enam tahun lalu,” kata Direktur Institut Francais Surabaya, Veronica Mathelin, Rabu (30/11/2016).

Veronica menambahkan, konser ini bisa menjadi ajang untuk mempertemukan para musisi-musisi jazz beda negara agar nantinya bisa berbagi dalam satu panggung, khususnya di Surabaya Barat. Ia juga berharap melalui acara ini bisa menjadi momentum untuk membuka cabang IFI yang baru.


“Surabaya adalah kota besar. Maka melalui persembahan konser di Surabaya barat ini kami juga bermaksud membuka cabang IFI di sini dengan menggandeng Ciputra,” imbuh wanita berkebangsaan Prancis yang juga fasih berbahasa Indonesia tersebut.

Grup jazz Sammy Thiebault Quartet kini tengah naik daun di Prancis. Para personilnya dikenal memiliki kualitas dalam bermusik. Salah satunya adalah Sammy Thiebault. Lulusan master jurusan Filsafat dari Universitas Sorbonne ini dikenal sebagai seorang pemain saksofon berbakat di grup jazz yang baru saja merilis album ke-7 bertajuk ‘Rebirth’ pada September lalu.

“Kami sangat menanti perform ini hingga bisa bertemu dengan musisi-musisi lain di Surabaya dan seluruh dunia. Di grup ini, kami saling mengisi satu sama lain hingga terus berjalan sampai sekarang. Saya sangat beruntung bisa berbagi dengan musisi yang bertalenta seperti pemain kontra bass Sylvain Romano dalam formasi Sammy Thiebault Quartet,” jelas Sammy Thiebault. (Joana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here