IM.com – Guna Penguatan Wawasan Islam Rahmatan Lil`Alamin dan Multi Kultura Siswi SMP,SMA dan SMK se-Kota Mojokerto Tahun 2017. Kantor Kemenag Mojokerto melaksanakan kegiatan pembekalan kepada perwakilan pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK yang dilaksanakan di Kantor Kemenag Jl. Bayangkara No. 36 Kota Mojokerto Rabu, 22 Pebruari 2017.

Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan tersebut memberikan materi Nilai Nilai Pancasila dan Cinta Tanah Air. Penyampaian materi diawali dari faktor sejarah mulai dari masa kerajaan Sriwijaya di Palembang dan kerajaan Majapahit di Trowulan Mojokerto, namun kejayaan kedua kerajaan tersebut hancur yang diakibatkan pertikaian yang terjadi di kalangan internal kerajaan itu sendiri akibat perebutan kekuasaan.

Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam sehingga hampir seluruh negara di dunia ini ingin menguasainya, bahkan Belanda telah menjajah bangsa Indonesia selama 350 tahun, salah satunya karena ingin menguasai kekayaan alam tersebut, namun berkat kegigihan perjuangan bangsa Indonesia akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia dapat memerdekakan diri dari penjajah Belanda yang ditandai dengan dibacakannya Proklamasi oleh Presiden Soekarno.

Setelah Indonesia merdeka tentunya perjuangan tersebut belumlah berakhir dan harus diteruskan oleh seluruh warga negara Indonesia salah satunya adalah kalangan pelajar yang merupakan cikal bakal pemimpin masa depan Indonesia.


Saat ini Ideologi Pancasila mengalami ujian dengan adanya pengaruh ideologi lain, seperti ideologi Liberal dan Ideologi Komunis, ada sebagian kelompok yang menginginkan perubahan ideologi Pancasila, keinginan kelompok tersebut sangat ironis karena ideologi Pancasila merupakan hasil pemikiran leluhur pendiri negara Indonesia yang telah disesuaikan dengan kultur bangsa Indonesia.

Pemahaman tentang ideologi Pancasila harus dimiliki oleh generasi penerus bangsa Indonesia, sehingga generasi muda khususnya pelajar dituntut untuk memiliki kemauan guna mempertahankan ideologi Pancasila tersebut “Adik adik adalah calon calon pemimpin masa depan oleh karena itu harus rajin belajar dan menempa diri agar menjadi sukses, karena keberhasilan itu tidak datang dengan tiba tiba tetapi harus dipersiapkan dari awal” kata Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos guna memberikan motivasi kepada para peserta.

Dalam kesempatan tersebut Kasdim juga memberikan motivasi tentang kunci sukses yang harus dilaksanakan yaitu diawali dengan adanya impian yang menjadi harapan keinginan karena dengan impian tersebut sehingga akan berupaya untuk menggapainya, langkah kedua yaitu fokus terhadap target yang diinginkan, selalu optimis untuk dapat mencapai keinginan tersebut, melakukan aksi nyata untuk mencapai apa yang diinginkan, bersikap fleksibel atau luwes, membentuk jaringan, selalu belajar untuk meraih kesuksesan, melakukan kegiatan dengan setulus hati dan langkah terakhir adalah menyerahkan kepada Tuhan melalui Do’a yang kita panjatkan.

Dalam kegiatan penguatan Wawasan Islam Rahmatan Lil`Alamin dan Multi Kultura siswa/siswi SMP,SMA dan SMK se-Kota Mojokerto Tahun 2017 tersebut diisi oleh tiga orang pemberi materi, selain Kasdim 0815 pemberi materi yang lain adalah H. Soleh (Anggota MUI Kota Mojokerto) menyampaikan materi tentang “Menjaga Islam Rahmatan Lil`Alamin” dan Kasi Bais Kab. Mojokerto Drs. Mustain yang menyampaikan materi tentang ” Pengertian Rahmatan Lilalamin”. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here