Salah satu permainan outbound yang dirangkai dalam kegiatan materi wawasan kebangsaan dari Kodim 0815 Mojokerto kepada ratusan pelajar SMAN 1 Sooko

IM.com – Ratusan pelajar SMA Negeri 1 Sooko mengikuti Pekan Pancasila yang diselenggarakan Kodim 0815 Mojokerto di aula sekolah yang berada di Jalan RA Basuni Sooko, Kamis (08/06/2017). Para siswa nampak sekali riang adanya permainan outbond Water Estafet, Permadani Terbang, Tongkat Estafet, Buldozer, Bola Tali dan Holahop yang dikemas dalam materi wawasan kebangsaan.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos mengatakan semua materi wawasan kebangsaan tentang Pancasila yang dirangkai permainan outbond dan PBB itu dalam rangka pemantapan ideologi Pancasila. “ Pancasila sebagai perekat bangsa,” ujarnya.

Dalam pengenalan materi PBB dan Outbond, lanjut Nuryakin, yang terdiri dari 6 permainan dipandu Instruktur dari Staf Teritorial dipimpin Letda Inf Ahmad Rifa’i dan Para Bati Staf Ter Kodim 0815 Mojokerto.

Sementara wawasan kebangsaan dengan materi Pancasila Sebagai Perekat Bangsa disampaikan langsung oleh Nuryakin. Ia menjelaskan tentang sejarah lahirnya Ideologi Pancasila yang dimulai kekalahan Jepang oleh Tentara Sekutu hingga terbentuknya BPUPKI yang salah satu tugasnya merumuskan calon dasar negara untuk Indonesia merdeka.


Kemudian BPUPKI melaksanakan Rapat-Rapat yang secara berurutan mulai tanggal 29 Mei 1945, saat itu MR. Moh. Yamin mengusulkan Rumusan Pancasila sebagai Dasar Negara, kemudian pada rapat tanggal 1 Juni 1945 Bung Karno juga mengusulkan Rumusan Pancasila, berikutnya pada tanggal 22 Juni 1945 yang dikenal dengan Piagam Jakarta atau Jakarta Charter juga diusulkan rumusan Pancasila.

Kasdim juga menjelaskan tentang sejarah Lambang Negara dan Esensi tentang Nilai-Nilai Pancasila yakni Nilai Religius, Nilai Kekeluargaan, Nilai Keselarasan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan. Disinggung pula Peran Pancasila bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi Bangsa Indonesia.

“Generasi muda merupakan bagian dari komponen bangsa yang dapat berperan sebagai perekat bangsa dituntut harus mampu mengaktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila yang merupakan hasil kajian yang mendalam dari para leluhur pendiri bangsa ini, sehingga pada akhirnya diharapkan keutuhan NKRI akan dapat terjaga sepanjang jaman,” tegas Kasdim.

Tujuan kegiatan Pekan Pancasila kata Kasdim, agar generasi muda memahami Pancasila sebagai Ideologi Negara serta mampu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam penyampaiannya Kasdim tidak monoton memaparkan dengan membacakan slide saja, namun turut mengajak siswa berperan aktif dalam jalannya kegiatan. Kasdim juga memberikan pertanyaan secara spontan kepada siswa, sehingga siswa akan berusaha menyimak materi yang disampaikan.

Disamping itu Kasdim juga memberikan joke joke segar yang disambut tawa peserta.
“Saya lihat peserta cukup antusias dan berani dalam menyampaikan pendapat dengan pemahaman yang bagus, terbukti dengan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan peserta, hal ini sangat positif mengingat mereka baru duduk di kelas X,” jelas Kasdim usai kegiatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, tidak kurang dari 425 orang, antara lain Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos., Pasiter Kodim 0815 Kapten Inf Djenal Abidin, Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Didik Budi S beserta anggota, Pa Sandi Letda Inf Ahmad Rifa’i, Kepala Sekolah SMAN 1 Sooko Dra. Endang Binarti, M.Pd., beserta dewan guru/staf dan Siswa/Siswi SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here