Sedikitnya 7 ribu peserta meramaikan funbike dengan rute sepanjang 17 KM sesuai dengan tanggal HUT Kemerdekaan RI yang jatuh setiap 17 Agustus

IM.com – Korem 082 Citra Panca Yudha Jaya (CPYJ) punya cara sendiri merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 72 dan hari jadinya ke 69. Kesatuan TNI AD ini meggelar funbike di kawasan wisata sejarah Majapahit, Trowulan. Tak sekadar sehat bersama, acara ini sekaligus napak tilas sejarah Majapahit.

Gowes ini dilepas langsung Danrem 082 CPYJ Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo di depan Pendopo Agung, Trowulan, Minggu (13/8/2017) pagi. Sejumlah pejabat penting turut serta dalam kegiatan ini. Mulai dari Wali Kota Mas’ud Yunus, Wakil Bupati Pungkasiadi, Kapolres AKBP Leonardus Simarmata, Waka Polresta Kompol Hadi Suprayitno, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ismail Pribadi hingga Dandim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji.

Sedikitnya 7 ribu peserta meramaikan funbike kali ini. Rute yang dilalui pun tak biasa. Korem 082 CPYJ sengaja memilih rute sepanjang 17 Km sesuai dengan tanggal HUT Kemerdekaan RI yang jatuh setiap 17 Agustus. Selain itu, para peserta juga diajak napak tilas sejarah Majapahit dengan melalui sejumlah situs purbakala.

Dari Pendopo Agung, peserta melalui Kolam Segaran, Makam Putri Campa, Candi Minak Jinggo hingga ke simpang empat Desa Beloh. Melalui persawahan yang menyejukkan mata, peserta diarahkan ke Desa Domas, Jalan Raya Lengkong-Jatirejo, Desa Kumitir tembus Candi Bajang Ratu.


Dari candi ini peserta melanjutkan perjalanan ke Candi Tikus tembus Dusun Piting, Temon. Selanjutnya peserta akan melalui Makam Troloyo atau Makam Syekh Jumadil Kubro untuk kembali ke Pendopo Agung. “Mungkin ini menjadi Funbike terbesar di Mojokerto. Ini titik awal masyarakat Mojokerto dan sekitarnya mencintai olahraga gowes,” kata Danrem 082 Mojokerto, Gathut Setyo Utomo kepada inilahmojokerto.com di lokasi.

Membludaknya peserta funbike yang digelar Korem 082 CPYJ ini, lanjut Gathut, bukti tingginya rasa nasionalisme masyarakat Jawa Timur. Tak hanya dari Mojokerto, ribuan peserta datang dari Tuban, Probolinggo, Madiun, Kediri dan Solo.

“Kami ambil kejadian-kejadian yang belakangan ini, ada upaya pihak tertentu yang ingin memecah belah keutuhan NKRI. Dengan semangat kemerdekaan, kita kembali lagi ke jati diri, keutuhan NKRI,” terangnya.

Tak hanya menanamkan kembali rasa nasionalisme lewat olahraga funbike, tambah Gathut, kegiatan ini juga memperebutkan total hadiah Rp 200 juta. Menurut dia, pemenang undian hadiah utama berupa mobil Toyota Calya adalah anggota Kodim 0815 Mojokerto, Peltu Wahyono asal Desa Mojorejo, Kutorejo. (kus/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here