IM.com – Kodim 0815 Mojokerto selenggarakan kegiatan lomba baca puisi dan tari yang diikuti 130 orang peserta dari Siswa-Siswi SMA/SMK/MA se-wilayah Kodim 0815 Mojokerto bertempat di Pendopo Griya Paramitra Cikaran Asrama Korem082/CPYJ Jalan Gajah Mada Nomor 4 Kota Mojokerto, Senin (14/08/2017).

Kegiatan lomba baca puisi dan tari merupakan program Komsos Kreatif dalam rangka HUT Ke-72 TNI Tahun 2017, mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”, dibuka oleh Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji.

Dalam sambutannya, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji menyampaikan dilaksanakannya Komsos Kreatif dalam bentuk lomba baca puisi dan tari ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi siswa-siswi yang ada di wilayah Kodim 0815 Mojokerto, sehingga semakin cinta dan bangga terhadap bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, Lanjut Dandim, dengan digelarnya perlombaan ini diharapkan dapat memelihara dan meningkatkan hubungan antara prajurit TNI AD dengan komponen bangsa lainnya guna mendukung terwujudnya pertahanan negara dan terjalinnya kerjasama yang harmonis dalam mewujudkan cita-cita bangsa.


Masih kata Dandim, melalui komunikasi sosial kreatif ini, akan tertanam pada diri siswa-siswi untuk turut serta melestarikan kebudayaan daerah berupa seni, adat istiadat maupun kegiatan lainnya sesuai kearifan lokal yang berlaku di daerahnya.

Dalam kegiatan yang rencananya akan digelar selama 2 hari ini mulai tanggal 14 sampai dengan 15 Agustus 2017, dihari pertama pelaksanaan lomba baca puisi perjuangan dan di hari kedua lomba tari daerah.

Untuk lomba baca puisi juara 1 diraih M.Ridwan Imazuzzaman siswa SMAN 1 Puri, posisi juara II diraih Indana Farach Ali dari MAN Mojosari dan Dina Qurrota Ayun dari SMAN 1 Kota Mojokerto menempati juara III.

Ditambahkan Pasiter Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono, untuk peserta yang menjadi juara 1 sampai dengan tiga 3 lomba baca puisi dan tari ini, selain mendapatkan trophy dan piagam penghargaan, juga akan mendapat dana pembinaan.

“Untuk dana pembinaan lomba baca puisi sejumlah Rp 1.000.000,- untuk juara I, Rp 750.000,- untuk juara II dan Rp 500.000,- untuk juara III. Sedangkan untuk lomba tari daerah, besaran dana pembinaan masing-masing berjumlah Rp. 2.000.000,- untuk juara I, Rp 1.500.000,- untuk juara II dan Rp 1.000.000,- untuk juara III”, terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 100 orang, antara lain Kepala UPT Diknas Propinsi Jatim di Mojokerto Drs. Arif Chamzah, MM., Ka Diknas Kabupaten Mojokerto, Ka Diknas Kota Mojokerto, para Danramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto, Pasi Terdim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono, Tim Juri, Guru pembina masing – masing sekolah, peserta lomba. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here