IM – Sebuah home industri penggorengan bawang di Dusun Mojoroto, Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jum’at, (25/8/2017) malam terbakar. Diduga kebakaran terjadia disebabkan karena api penggorengan belum mati merata.

Untuk memadamkan api sebelum petugas pemadam kebakaran tiba, warga menghentikan dua mobil tangki air untuk digunakan melakukan pemadaman api. Kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 22.30 WIB dan baru diketahui pemilik saat lampu rumah miliknya padam.

Saksi mata, Sumarsono (56) mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 22.30 WIB. “Tidak tahu awalnya, tiba-tiba ada api dari dalam tempat penggorengan bawang itu. Itu punya orang sini sendiri, rumah pemiliknya ada di depan, tempat penggorengan bawang itu dibelakang rumah pemiliknya,” ungkapnya, Sabtu (26/8/2017).

Masih kata Sumarsono, home industri penggorengan bawang tersebut merupakan gudang milik Yusuf warga Dusun Mojoroto, Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Warga menghentikan sebuah mobil tangki air yang kebetulan melintas di lokasi kebakaran.


“Untung saja sebelum petugas datang, ada mobil tangki air yang lewat sini jadi warga bisa memadamkan api dibantu mobil tangki itu. Ada dua mobil tangki yang dihentikan warga dan digunakan untuk memadamkan api sehingga api tidak kemana-mana. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran,” katanya.

Pemilik home industri penggorengan, Yusuf mengatakan, ia menduga ada api sisa penggorengan yang tidak mati merata. “Karena tadi para pekerja pulang sudah kemalaman dari jam kerja biasanya, kemungkinana ada api yang belum mati merata. Saya tahu ada kebakaran setelah lampu rumah padam,” ujarnya.

Saat hendak menyalahkan sekering lampu, lanjut Yusuf, lampu tak juga menyala sehingga iapun melakukan pengecekan. Pemilik baru mengetahui jika tempat penggorengan bawang tersebut terbakar setelah dicek ke belakang rumah. Karena lokasi penggorengan bawang ada di belakang rumah.

Petugas pemadam kebakaran bersama sejumlah potensi sukarelawan Kabupaten Mojokerto yang tiba di lokasi kebakaran langsung melakukan pembasahan. Sedikitnya dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kebakaran.

Kasi Pelayanan dan Penanggulangan Bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto, Didik Soedarsono menjelaskan, api baru bisa dipadamkan sekira pukul 23.00 WIB. “Ada dua unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan lokasi kebakaran,” jelasnya.(ning/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here