IM.com – Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto semakin intensif mengajarkan wawasan kebangsaan. Seperti dilakukan oleh Koramil 0815/06 Kemlagi terhadap 195 siswa SMK Muhammadiyah 1 Desa Mojokumpul dan SDN Mojopilang, Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Kamis (26/10/2017).

Di SMK Muhammadiyah 1 Kemlagi, penyampaian materi disampaikan oleh Peltu Yarno bersama Babinsa Mojokumpul Serda Suparwoto, dihadiri Kepala SMK Drs. Sopan Slamet, M.Pd berserta empat orang guru pendamping.

Dalam penjelasannya, Yarno mengatakan, pemahaman tentang kedisiplinan sebagai salah satu kunci dasar keberhasilan manusia dalam kehidupan.

Kemudian sikap cinta air dan semangat kebangsaan. Wujud cinta tanah air diantaranya mengikuti upacara bendera, yang di dalamnya ada kegiatan penghormatan terhadap lambang negara berupa bendera merah putih serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.


Mencintai sejarah bangsa, adat dan budaya serta mencintai dan menggunakan produk dalam negeri juga bagian dari cinta tanah air. Demikian pula dengan mengenang dan mendoakan para pahlawan kemerdekaan, yang biasa dilakukan saat upacara bendera, merupakan penanaman sikap patriotisme.

Di akhir materinya, Yarno berpesan agar para siswa rajin dan disiplin dalam belajar yang dilandasi dengan kejujuran dan keikhlasan demi meraih cita-cita sebagai anak bangsa dengan tetap menjung tinggi sikap yang berbudi pekerti luhur.

Sementara itu, di SDN Mojopilang juga dilaksanakan Wasbang pada 42 orang siswa kelas VI yang disampaikan oleh Babinsa Mojopilang Koptu Maryono dibantu Serda Endro Sutoyo. Materi yang disampaikan seputar kedisplinan, cinta tanah air atau semangat kebangsaan , bela negara, dan lain-lain yang disampaikan dalam bahasa sederhana agar mudah dipahami oleh para siswa-siswi.

Danramil 0815/05 Gedeg Kapten Inf Kambali menyatakan, pemahaman wawasan kebangsaan ini sangat penting ditanamkan sejak dini kepada para pelajar selaku generasi penerus bangsa. Diharapkan mereka bisa lebih mencintai tanah airnya dan memiliki kesadaran untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here