IM.com – Ekstra kurikuler Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Bangsal (SMABA), kembali menorehkan prestasi. Kali ini, PMR SMABA meraih posisi runner up juara umum tingkat Jawa Timur di ajang Gita Praja XIII di Lamongan.

Ketua PMR SMABA, Pramitha Ayu Ningtyas, menjelaskan even yang diselenggarakan Minggu (28/1-2018) diikuti sebanyak 38 Wira PMR dari seluruh SMA/MA/SMK se-Jawa Timur, ada 7 (tujuh) kelas lomba.

Lomba P3K, donor darah siswa, kesiapsiagaan bencana, pendidikan remaja sebaya, gerakan kepalangmerahan, kepemimpinan, dan majalah dinding 3D. “Alhamdulillah tim PMR SMABA mampu menjadi juara 1 hingga juara 3 di lima kelas lomba,” ungkap Pramitha sembari menunjukkan piagam kejuaraannya.

Masih menurut Mitha, sapaan akrab siswi kelas XI.MIPA.4 itu, kemenangan di lima kelas lomba itu, akhirnya mampu mengantarkan tim PMR SMABA sebagai runner up juara umum tingkat Jawa Timur. Padahal seluruh tim hanya terdiri dari anggota perempuan. Tak ada satu pun laki-laki, kecuali sang pembina.


“Kita menjadi satu-satunya tim PMR yang berasal dari Mojokerto. Lawan kita berat-berat, terutama dari Surabaya, Tuban, dan Blitar. Berkat kerja keras dan kerja tim yang baik, kami mampu mengukir prestasi ini. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk prestasi-prestasi PMR yang akan datang,” ucapnya dengan wajah berbinar-binar.

Sementara itu, Basuki Rochmat, pembina ekskul PMR SMABA, menyatakan bila dalam event kompetisi bergengsi itu, siswa latihnya benar-benar berlaga maksimal. Seluruh wawasan dan keterampilan bidang PMR yang diperolehnya di sekolah, dituangkan dalam ajang lomba yang sudah menjadi agenda rutin SMAN 1 Lamongan itu.

“Saya bangga lagi terharu. Kerja keras anak-anak di lomba bergengsi itu betul-betul berat dan melelahkan. Tapi apa yang mereka lakukan telah membuahkan hasil. Bagi saya dan seluruh anggota ekskul PMR SMABA, prestasi ini kami persembahkan sebagai kado istimewa Dies Natalis Ke-20 SMAN 1 Bangsal. Sebab, disaat sekolah sedang merayakan peringatan ulang tahun sekolah, saya bersama tim sedang bertanding di Lamongan,” ujar Basuki yang diamini Mitha sembari berteriak “SMABA…Jaya!”

Atas prestasi ekskul PMR itu, Kepala SMAN 1 Bangsal ketika memperoleh informasi atas prestasi peserta didiknya, langsung mengucap syukur. Bagi dirinya, prestasi ekskul PMR di ajang Gita Praja XIII-2018 merupakan prestasi indah lagi mengharukan. Tim ekskul PMR mengesampingkan hiruk pikuk kegiatan di sekolah dengan berkompetisi demi nama sekolah.

“Saya sangat berterima kasih kepada pembina maupun seluruh pengurus dan anggota PMR. Mereka terpaksa meninggalkan sekolah yang sedang merayakan ulang tahun sekolah, sementara mereka bergulat dalam persaingan di Lamongan. Terima kasih dan semoga ini menjadi moment paling berkesan bagi kita semua,” ujar Suyono, S.Pd., M.M.Pd., serius.(use.uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here