Begini Cara Babinsa Dlanggu Dampingi Petani Merawat Tanaman Jagung

IM.com – Upaya khusus pendampingan ketahanan pangan terus dilakukan Koramil jajaran Kodim 0815 Mojokerto. Kegiatan pendampingan ini dilakukan para Babinsa tidak hanya bagi petani padi namun termasuk petani jagung yang ada di wilayah binaan.

Kali ini Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Serma Agus Sunaryo yang melaksanakan pendampingan perawatan tanaman jagung di Dusun Banjarsari Desa Kedunglengkong Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Senin (10/09/2018).

Menurut Serma Agus Sunaryo, kegiatan pendampingan yang dilakukan berupa perawatan tanaman jagung berlangsung di lahan seluas 0,5 hektar milik Rokhim, Poktan Tani Jaya, yang ditanami jenis jagung Super Hibrida BISI-18 berumur dua bulan.

Masih tutur Babinsa, selain penyiangan gulma, pada perawatan tanaman jagung kali ini juga dilakukan pemupukan secara berimbang dan penyemprotan agar tanaman terhindar dari hama atau penyakit.


“Untuk pemupukan menggunakan pupuk urea, ZA dan organik sedangkan penyemprotan menggunakan herbisida dan fungisida, dan semua ini sudah dikonsultasikan petani dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL)”, imbuhnya

Terpisah Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Inf Teguh Irianto mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) demi percepatan pencapaian swasembada pangan di wilayah.

“Diharapkan dengan terjunnya para Babinsa ini dapat memotivasi para petani untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam baik padi, jagung maupun kedelai sehingga hasil panen akan semakin meningkat yang dengan sendirinya akan menambah pendapatan para petani,” tutup Danramil. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here