Program Sosialisasi Kanker Menyasar Koramil 0815/03 Sooko

IM.com – Danramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Hari Subiyanto membuka program sosialisasi kanker di ruang pertemuan Makoramil 0815/03, Sooko, Kabupaten Mojokerto, Kamis (08/11/2018).

Program kerja sama Kodim 0815 Mojokerto dengan Lembaga Kanker Indonesia (LKI) dihadiri Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ranting 04 Indah Hari Subiyanto, 8 personel militer sejumlah 8 orang, 2 orang ASN serta 14 anggota Persit.

Kapten Inf Hari Subiyanto, sosialisasi kanker ini bertujuan untuk menurunkan angka kematian yang diakibatkan penyakit kanker di Indonesia khususnya bagi kaum wanita. Melalui sosialisasi ini diharapkan seluruh anggota baik militer maupun Persit dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya kanker sehingga bisa mengenali dan mendeteksi secara dini untuk pencegahan.

Sedangkan tim sosialisasi LKI Perwakilan Surabaya, Fauzan Faisal menjelaskan pengertian kanker, yaitu pertumbuhan sel dalam tubuh yang tidak normal, biasanya berawal dari tumor, baik tumor jinak maupun tumor ganas. Penyakit kanker yang berkembang selama ini diantaranya kanker prostat bagi pria, dan kanker rahim dan payudara bagi wanita.


Masih kata Fauzan, ada beberapa faktor pemicu kanker, diantaranya faktor keturunan atau genetika, zat kimia, polusi udara dan asap kendaraan, zat carzinogen yang terdapat pada makanan dan minuman tertentu. Kanker juga bisa terjadi akibat cara pengolahan dan penyajian makanan yang salah. Untuk itu diperlukan upaya mencegah dan menghindari kanker melalui cara sehat dan hemat. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here