Sejumlah penjaga parkir dan warga menghajar pelaku pencurian helm di tempat parkir pusat kuliner Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto hingga merintih kesakitan. Aksi ini terekam video amatir yang viral di media sosial dan whatsapp.

IM.com – Aksi jukir memukuli seorang pria diduga pelaku pencurian helm yang tertangkap tangan di tempat parkir pusat kuliner Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto, yang terekam video amatir langsung viral. Dalam video berdurasi 16 detik itu, massa dengan bengis menghajar pencuri dengan menggunakan sabuk hingga merintih kesakitan.

Video yang viral di media sosial itu mempertontonkan pria yang terus merintih kesakitan hanya pasrah tak berdaya menerima cambukan ikat pinggang di sekujur tubuhnya.

“Kejadian pencurian ini tempat parkir ini sudah tiga kali yang diduga dilakukan oleh pelaku,” tutur salah satu petugas parkir Bambang Subiyanto.

Dari informasi yang dihimpun, pelaku diketahui bernama Danu Sudarmaji (25).


Seusai dihajar hingga babak belur, warga asal Bangkalan, Madura itu, langsung digelandang petugas ke Polres Mojokerto.

Seorang penjaga parkir lainnya, Yusril menuturkan, pencurian helm di tempat parkir sepeda motor area pujasera, Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto yang kepergok itu terjadi pada Rabu petang (13/2/2019) sekitar pukul 18.00 WIB. Sebelum kepergok mencuri, juru parkir setempat mencurigai gerak-gerik pelaku.

“Dia sempet keluar masuk ke parkiran, saat sepi atau petugas penjaga lengah pelaku langsung mengambil helm orang lain,” ungkapnya, Kamis (14/2/2019).

Menurut Yusril, kemarahan teman-temannya memuncak lantaran Danu dicurigai sebagai aktor di balik beberapa peristiwa hilangnya helm di tempat parkir area pujasera, Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto. Ia dan teman-temannya juru parkir lain menengarai, Danu Sudarmaji merupakan pelaku yang sama saat terjadi pencurian helm di tempat itu pada Minggu (10/2/2019).

“Wajah dan perawakannya sangat mirip dengan pelaku yang dicurigai saat terjadi aksi pencurian sebelumnya. Saat itu 3 helm pengunjung hilang,” ungkapnya.

Kecurigaan itupun akhirnya terbukti setelah pihaknya melihat CCTV seusai peristiwan hilangnya helm pada Minggu (10/2/2019) itu. Tak disangka, pelaku rupanya kembali ke area pujasera itu dengan gelagat sedang merancang pencurian lagi.

“Dia ini nekat mau mencuri lagi. Awalnya pura-pura membeli es di salah satu warung sambil mencari gambaran mangsa yag akan dicuri. Tak lama kemudian, pelaku kembali mencuri helm dari tempat parkir sepeda motor lagi,” tutur Yusril. Ia mengaku sempat mencegat pelaku saat hendak pergi dengan motornya dari area parkir.

“Saya tanya helm itu milik siapa, dia tak mengaku. Teman-teman sudah marah langsung memukuli,” imbuhnya.

Kini tersangka telah ditahan ditahan di Mapolres Mojokerto Kota untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Kasus ini juga dilimpahkan ke persidangan Tipiring (Tindak Pidana Ringan). Dari pengakuan tersangka sudah melakukan sebanyak dua kali,” kata Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota AKP Ade Warokka. (pit/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here